BNPB Berikan Bantuan PCR

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, BONDOWOSO – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat memberikan bantuan mesin polymerase chain reaction (PCR) ke Kabupaten Bondowoso. Mesin itu bisa mendeteksi penderita COVID-19.

Liaison Officer BNPB, Mayjend TNI Purnawirawan Eko Budi S, mengatakan mesin yang diberikan merupakan stasioner. Mesin itu diharapkan dapat mendeteksi masyarakat positif atau negatif tercangkiti virus corona.

“Dengan harapan, mesin ini bisa mendeteksi orang – orang yang positif atau negatif,” kata Eko di pendapa Bupati, saat mengunjungi Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Sabtu (20/6).

Eko menyampaikan, mesin bisa beroperasi dengan melakukan swab sekira 150 sampai dengan 200 orang. Selain mesin itu, BNPB juga memberikan 3000 biji reagen.

Selain mesin kita memberikan reagen. Sebab, mesin itu tidak bisa beroperasi tanpa reagen,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Bondowoso Syaifullah  mengatakan, mesin yang diberikan oleh BNPB akan dioperasikan di Rumah Sakit Umum (RSU). Sebelum mendapat bantuan, Pemerintah Daerah telah melatih petugas di RSU dan petugas di 23 Puskesmas untuk bisa mengoperasikan mesin itu.

“Sebelum medapatkan bantuan, kita sudah sudah melatih para petugas,” terangnya.

SHODIQ

Share.

About Author

Leave A Reply