Kodim Gowa Sumbang 29 Kantong Darah Ditengah Wabah COVID-19

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, GOWA – Ditengah pandemi virus corona, Komando Distrik Militer 1409/Gowa bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sulsel menggelar kegiatan donor darah.

Hal itu dilakukan setelah stok darah di PMI Sulawesi Selatan  terus mengalami penurunan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Sementara itu, mendapat kabar dari PMI, Komandan Kodim Gowa memerintah  anggotanya untuk melakukan donor darah, dan menjelaskan, kegiatan donor darah yang dilakukan Kodim 1409/Gowa tersebut dalam rangka membantu Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel untuk menanggulangi kekurangan stok darah di PMI, dan juga menjalankan perintah pimpinan.

“Kami sebelumnya mendapatkan informasi jika stok darah di PMI itu menipis. Jadi kami terpanggil untuk mendonorkan darah dengan mekanisme steril dan bersih dan didampingi oleh pihak dari PMI Provinsi Sulsel. Namun pihaknya bersyukur setelah melakukan transfusi darah di Aula Makodim 1409/Gowa Jl. Sultan Hasanuddin Kelurahan Sungguminasa, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, telah terkumpul 29 kantong darah, ” ujar Letkol Arh. M. Suaib, S. Pd, M.Tr (Han), M.Si, Rabu (8/4)

Sementara itu staf UTD PMI Prov Sulsel mengatakan sejak wabah pandemi Covid-19 melanda Indonesia, jumlah ketersediaan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) wilayah Sulsel menjadi menipis.

Kabarnya, banyak masyarakat yang merasa cemas dan takut untuk melakukan kegiatan transfusi darah saat wabah virus corona ini, padahal, kami pastikan kalau donor darah itu aman dan tidak tertular Corona.

“Donor darah itu aman, kita punya protokol kesehatan. Dimana, setiap yang mau mendonorkan darahnya harus dicek suhu, kemudian kita tanya gejala penyakit yang dialaminya,” ujar Ernawati, S. Kep.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, dr. H. Salahuddin (Direktur RSUD Syeh Yusuf Kab. Gowa/Ketua PMI Kab. Gowa), Mayor Inf. Husain Samaun (Kasdim 1409/Gowa), Kasi Humas P2 D2S PMI Sulsel, Kamaruddin, Sekertaris PMI Gowa, Mardani dan para Personil Kodim 1409/Gowa serta anggota Elang Komando Kodim Gowa.

BACHTIAR BARISALLANG

Sumber : DanUnit Intel Kodim Gowa, Letda Arh Udin S

Share.

About Author

Leave A Reply