Idris: Tingkatkan Upaya Pencegahan Perilaku LGBT

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KOTA DEPOK – Kasus kekerasan seksual sesama jenis, yang dilakukan salah seorang warga Indonesia, Reynhard Sinaga di Manchester, Inggris, tersebut sangat disayangkan. Jadi, bagaimana
upaya pencegahannya, guna memperkuat ketahanan keluarga, khususnya perlindungan terhadap anak.

” Untuk itu, agar hal serupa tidak terjadi di Kota Depok, saya menginstruksikan kepada Perangkat Daerah (PD) terkait segera meningkatkan upaya pencegahan dan penyebaran perilaku tersebut,” tegas Wali Kota Depok, Mohammad Idris, di Balai Kota Depok, Jawa Barat.

Idris juga mengingatkan kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Kependudukan dam Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, agar lebih aktif melakukan penertiban dan razia di rumah-rumah kos atau apartemen.

“Sebab, upaya ini juga bisa dilakukan dengan membentuk Persatuan Penghuni dan Pemilik Satuan Rumah Susun (P3SRS). Jadi, untuk mempermudah komunikasi dan pengendalian penghuni kos atau apartemennya,” imbuhnya.

Menurutnya, bahwa perangkat daerah (PD) terkait juga bisa membentuk Crisis Center di Depok khusus korban LGBT. Bahkan juga melakukan pendekatan kepada lembaga-lembaga terkait untuk kerjasama dalam pembinaan warga atau komunitas yang mendukung LGBT.

“Jadi, secara kehidupan sosial dan moralitas semua ajaran agama, pasti mengecam perilaku LGBT,” tutur Idris.

Dia menambahkan, bahwa dengan kasus Reynhard yang memiliki perilaku LGBT dinilai sebagai masalah personal dari pelaku. Terlebih, Reynhard sudah menetap di Inggris dengan visa pelajar sejak tahun 2007.

“Jadi yang bersangkutan (ybs) sudah lama di luar negeri. Maka setelah kasus ini, dalam konteks hukum positif global, kami serahkan kepada hukum yang berlaku di United Kingdom (UK),” pungkas Idris.

Idris juga berharap agar orangtua dari Reynhard, yang merupakan warga Depok, dapat kuat dan sabar menghadapi kasus yang menimpa anaknya tersebut. Pasalnya, hal ini merupakan kejadian yang tidak diinginkan pihak keluarga.

“Jadi, bilamana di dalam konteks kekeluargaan dan kewargaan, kami berharap keluarga pelaku tetap bersabar dalam menghadapi cobaan ini. Karena pastinya perbuatan dan tindakan tersebut tidak diinginkan dan di luar perkiraan keluarga besar,” pungkas orang nomor satu di Kota Depok itu.

MAULANA SAID

Share.

About Author

Leave A Reply