Wisma Wabup Jadi Tempat Pengaduan

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, BONDOWOSO – Pemerintahan Kabupaten Bondowoso meluncurkan gerakan baru dalam rangka menanggulangi kemiskinan. Gerakan itu dikemas dalam Gerakan Tanggap dan Peduli Masyarakat Miskin (TAPE MANIS). Kegiatan, bertempat di Wisma Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bactiar, Selasa (17/12).

Menurut Irwan Bachtiar, gerakan itu bertujuan untuk mempercepat penurunan angka kemiskinan di Bondowoso. Selain itu, meningkatkan akses warga miskin terhadap perlindungan sosial, pelayanan dasar dan program penanggulangan kemiskinan lainnya. Masyarakat yang ingin mengadukan tentang kemiskinan, bisa langsung ke posko di Wisma Wabup.

“Siapa pun yang datang kesini kita layani. Semisal, ada warga miskin tidak terkaver jamkesmas, KIS dan program lainnya, sementara membutuhkan bantuan, maka kita akan layani,” kata wabup, seusai membukan acara peluncuran Tape Manis.

Wabup menerangkan, tidak semerta – merta warga yang datang langsung mendapatkan pelayanan saat meminta bantuan. Pengadu, terlebih dahulu dikroscek keberedaannya. Apakah yang bersangkutan memang butuh bantuan.

“Kita melakukan verifikasi dulu sebelum memberikan bantuan kepada pihak yang datang. Apakah yang bersangkutan betul – betul miskin dan butuh dibantu,” ujarnya.

Dijelaskannya, ada beberapa konteks pelayanan yang telah disiapkan di posko. Meliputi, kesehatan, pendidikan dan keberadaan rumah masyarakat yang membutuhkan bantuan. Aplikasi yang disipakan untuk mempercepat pelayanan, terintegrasi kepada masing – masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sehingga, penangangan terhadap pengaduan bisa segera diatasi.

SHODIQ

Share.

About Author

Leave A Reply