Wujudkan Tampil Dikancah Internasional, SIHODA Gelar Aksi Galang Dana Manggung Dipinggir Jalan

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, PEMATANGSIANTAR – Setelah sebelumnya pada Agustus 2021 yang lalu sanggar tari  Simalungun Home Dancer (SIHODA) berhasil meraih juara 2 dunia pada festival Folk Dancer Yalova – Turky dan pada tahun ini, tepatnya pada tanggal 08 – 14 Juli SIHODA kembali memperoleh undangan dari CIOFF untuk tampil mengikuti festival “XXXVI International Folklore Meeting 2022” di Lubin – Polandia. Sebagai perwakilan Indonesia, SIHODA membawa 12 orang penari, 4 pemain musik dan 4 oficial.

Untuk mewujudkan undangan untuk tampil ke negara Polandia, persiapan demi persiapan pun terus dilakukan pihak SIHODA, mulai dari latihan sampai penggalangan dana.

Salah satu bentuk perjuangan nyata dari SIHODA untuk penggalangan  dana yakni dengan menggelar aksi manggung dipinggir jalan maupun ngamen di cafe – cafe keluarga.

Seperti yang terlihat pada persimpangan lampu merah Jalan Ahmad Yani, Pematangsiantar, pada  Minggu (29/5/22) sore sekira pukul 16.00 Wib dengan penuh semangat SIHODA menggelar aksi penggalangan dana manggung di pinggir jalan dengan menampilkan kreasi seni mereka seperti tari – tarian khas daerah dengan  mengenakan kostum dan make up.

Founder Sanggar Tari SIHODA, Laura Tyas Avionita Sinaga saat dimintai tanggapan di lokasi, menyatakan pihaknya melakukan berbagai aksi untuk penggalangan dana atau dengan bahasa gaulnya ngamen dengan menari di kafe-kafe dan di pinggir jalan maupun event lainnya.

“Demi terwujudnya impian untuk mengikuti festival pergelaran seni tari internasional yang akan digelar tanggal 8-14 Juli 2022 mendatang di Polandia, kami akan tetap berjuang untuk mengumpulkan dana. Salah satunya seperti ini lah”.kata Laura dengan penuh semangat.

Juga kata Laura, untuk membantu pengumpulan dana yang sepenuhnya belum terkumpul, selain manggung dijalanan, event dan nari di cafe – cafe, kita juga turut menjual hasil karya, makanan dan minuman khas Simalungun seperti dayok nabinatur,  nitak, kopi, teh dan lainnya.

Laura juga menambahkan, hingga saat ini dana yang sudah terkumpul sekitar 50% dari total dana dibutuhkan sekitar Rp.450.000.000. Sementara untuk kesiapan latihan sudah 80% dengan membawakan 12 tarian yang akan ditampilkan di Polandia.

Saat disinggung untuk kesiapan biaya, apakah yakin dapat tercapai,  Laura menegaskan karena jauh hari mereka sudah berani mengambil langkah dalam kegiatan even ini, tentunya harus siap.” Kita sudah siap. Pastinya kita optimis akan menggapai kekurangan dana dengan kerja keras, doa dan usaha bersama,” pungkasnya. 

Laura juga menyampaikan, kegiatan ini semua mereka lakukan bertujuan untuk memperkenalkan budaya maupun wisata dari Siantar-Simalungun.” Tujuan pergelaran yang kita ikuti ini untuk membawa nama baik budaya dan wisata dari Pematangsiantar-Simalungun di kancah internasional”, tuturnya. 

Sebagaimana diketahui, Sanggar tari  SIHODA akan tampil pada event pergelaran seni tari dan budaya di Polandia yang dikuti 15 Perwakilan Negara yang akan digelar tanggal 8-14 Juli 2022 mendatang.

Toni Tambunan.

Share.

About Author

Leave A Reply