Kodim 0105/Aceh Barat Laksanakan Semapta Periodik Semester ll

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, ACEH BARAT – Dalam rangka meningkatkan kesegaran jasmani dan kemampuan fisik Prajurit, Kodim 0105/Aceh Barat melaksanakan kegiatan Test Semapta Periodik Semester ll bertempat di Lapangan Kesrem Ujong Karang, Jum’at (20/11).

Sebelum melaksanakan Garjas, terlebih dahulu diawali dengan pengecekan personil yang akan ikut melaksanakan test semapta dan dilanjutkan pemeriksaan tahap awal kesehatan untuk mengukur tensi dan denyut nadi para peserta oleh petugas kesehatan.

Adapun beberapa item yang dinilai dalam test kesemaptaan jasmani, meliputi Kesemaptaan “A” yaitu lari sejauh 3.200 meter dan Kesemaptaan “B” yang terdiri dari Pull Up, Push Up, Sit Up dan Shuttle Run. Yang pelaksanaannya diawasi dan dinilai langsung oleh Tim Asstensi dari Jasdam lM dan Jasrem 012/Teuku Umar.

Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera S.Sos saat memberikan keterangan Pers mengatakan bahwa kegiatan semapta secara berkala ini dilakukan untuk mengukur dan meningkatkan serta mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan jasmani yang dimiliki oleh setiap Prajurit.

“Test kesegaran jasmani periodik ini merupakan program yang harus dilaksanakan oleh setiap Prajurit setiap enam bulan sekali. Setiap Prajurit dituntut membina fisik agar tetap prima dan mutlak harus memiliki kemampuan jasmani yang baik, dihadapkan dengan tantangan tugas pokok dan aktivitas keseharian di lapangan yang semakin banyak. Oleh karenanya, kesemaptaan jasmani yang baik merupakan modal utama dalam mendukung keberhasilan tugas”, ulas Dandim Dimar.

“Bukan hanya itu, test semapta jasmani ini juga sebagai tolak ukur dalam persyaratan UKP Prajurit dan Seleksi Pendidikan Prajurit ke jenjang lebih tinggi lagi”, cetus Dandim menambahkan.

RED

Share.

About Author

Leave A Reply