HBA Ke-60 Kejari Jaktim Tema Terus Bergerak dan Berkarya

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JAKARTA – Kejaksaan Negeri Jakarta Timur (Kejari Jaktim) memperingati Hari Bakti Adyaksa ke-60 tahun 2020. 

Dalam peringatan tersebut di pimpin langsung oleh Pelaksana tugas (Plt) Kejari Jaktim Dr. Yudi Kristina SH, MH berdasarkan pasal 47 Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 38 tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kejaksaan RI. 

Tema yang diusung dalam peringatan tersebut adalah “Terus Bergerak dan Berkarya” berdasarkan keputusan Jaksa Agung R.I Nomor 121 Tahun 2020 tentang Tema Hari Bakti Adyaksa. 

Secara umum Tema dimaksud memiliki majna, yaitu: – Makna logo 60 Tahun Hari Bakti Adyaksa merupakan wujud dari integritas Kejaksaan Republik Indonesia dalam salah satu fungsinya dalam penegakan Hukum di NKRI.

  • Tulisan 60 tebal melambangkan ketegasan, integritas Kejaksaan Republik Indonesia. 
  • Terdapat warna logo HBA ke-20 Tahun 2020 yang masing-masing memiliki makna; Warna Hijau memiliki makna ketekunan yang menjadi landasan/pengraihan cita-cita; Warna Kuning memiliki makna keluhuran yang menjadi cita-cita; Goresan TH berwarna merah memiliki semangat keberanian dalam penegakan hukum di NKRI; dan 2(dua) orang dengan baret Kejari memikiki makna kesempurnaan dalam bertugas. 

Oleh karena itu, dalam rilis yang diterima, tema HBA ke-60 Tahun 2020 dinilai istimewa karena perayaan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dalam suasana Covid-19, Kejaksaan sebagai salah satu lembaga penegak hukum terus bergerak dan berkarya sesuai dengan tupoksi melayani masyarakat tanpa tatap muka/bertemu mengedepankan komunikasi dalam jaringan (Daring) menggunakan jaringan internet (online). 

Kejari Jaktim mengadakan beberapa kegiatan dengan mengikuti himbauan pemerintah menerapkan protokol kesehatan dimasa pandemi Covid-19, kegiatan diantaranya: Pemusnahan Barang Bukti, Bhakti Sosial, Silaturahmi Anjangsana, Lomba Kebersihan antar bidang, Hari Ulang Tahun ke- XX IAd Tahun 2020 dan Hari Bakti Adyaksa (HBA) ke-60 tahun 2020.

Seluruh pelaksanaan kegiatan HBA ke-60 dan Hari Ulang Tahun ke-XX IAD Tahun 2020 mengikuti himbauan pemerintah dengan menggunakan protokol kesehatan memakai masker serta jaga jarak (physical distancing) mengingat dimasa pandemi Covid-19. 

Kinerja Kejari Jaktim pada kurun waktu Januari 2020 sd Juli 2020 sebagai berikut :

  1. Sub bagian pembinaan, telah menerapkan sistem elektronik untuk proses kenaikan pangkat, mutasi, dan urusan kepegawaian lainnya melalui aplikawi Case Management System (CMS).
  2. Seksi Intelejen, dalam penelusuran aset membantu pelaksanaan tugas tim intelejen Kejaksaan Agung R.I dalam berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menemukan aset milik tersangka perkara TP Korupsi yang berdomisili di wilayah Jakarta Timur, dan Pemngamanan Penggeledahan oleh tim satgas P3TPK Kejagung RI di wilayah Jaktim.
  3. Seksi TIndak Pidana Umum, berdasarkan data Case Management System(CMS)
  • SPDP : 687 Perkara
    -Tahap I : 888 Perkara
    -Tahap II : 140 Perkara
    -Sidang : 215 Perkara
  1. Tindak Pidana Khusus (Pidsus):
  • Penyelidikan : 1(satu) perkara dugaan TPK dalam pekerjaan Lokasi Binaan (Lokbin) di Jl. Nusa 1 pada Dinas UMKM serta perdagangan Prov DKI Jakarta TA 2015.
    -Penuntutan : Pajak 6 (enam) perkara
    -Eksekusi : 2 (dua) orang
  1. Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (TUN):
  • MOU : 2(dua) Lembaga Pemerintah
  • Pendampingan : 1(satu) KCIC
  • Penagihan : 3 (tiga) PLN, PT.PP, PT. Urban
  1. Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan (BB):
    Dalam pengelolaan barang bukti jenis kendaraan roda 2 ataupun 4 telah bekerjasama dengan Dishub untuk menitipkan kendaraan di lahan milik Dishub.

RESTU

Share.

About Author

Leave A Reply