Pakar Statistik ITS: Belanja Online Tempati Rangking Tertinggi

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.Id, SURABAYA – Belanja makanan melalui online saat musim pandemi virus corona menempati rangking tertinggi dari survei data yang ada sekarang ini.

Hak tersebut diungkapkan pakar statistik dari ITS (Institut Teknologi Surabaya), Kresna Yana Yahya, kepada awak media, Jum’at (15/05).

Selain belanja melalui online yang menempati pertama peringkat pertama lanjut Kresna Yana Yahya, disusul orang belanja atau membeli anggur merah, game nitendo, indomie, hand sanitizer, sepeda angin dan handycamp.

Kresnayana sapaan akrap pria yang juga dosen statistik ITS didaulat oleh sebuah media elektronika dengan mengambil topik bahasan kreativitas diTengah pandemi memang dibutuhkan kreativitas dalam berbisnis mulai dari yang kecil, menengah hingga skala besar.

“Sebagai contoh saya pernah ketemu penjual tahu, saat Covid-19 penjual tahu mangalami drop penjualan apalagi ada pasar-pasar yang ditutup, pembeli. Pada takut, akhirnya tahu dikemas dalam plastik, dan pembeli jadi tertarik, banyak yang beli,” ujarnya.

Sekarang ini, lanjut dia, banyak muncul kreativitas untuk membuat masker, kemasan sanitizer, berbagai merk sabun dijual, termoter laris yang dulu orang tidak pernah peduli sekarang yang ada hubungannya dengan penangkalan Covid-19 laku di pasaran.

Hotelpun kata dia, juga tidak ingin terus menerus tanpa pemasukkan, banyak hotel yang menawarkan bekery dan masakannya melalui pengiriman jasa, tanpa harus datang ke hotel.

“Jadi sekarang ini banyak orangyang stay home 67 persen data nasional banyak masak di rumah, 27 persen kadang masak kadang tidak, 7 persen tidak masak,” ujarnya.

ROKIM

Share.

About Author

Leave A Reply