Kodim 0105/Abar Gelar Donor Darah Bantu RS Cut Nyak Dhien Terkait COVID-19

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, ACEH BARAT – Pandemi Virus Covid – 19 yang terjadi di Indonesia tak menghalangi niat Anggota TNI di Kodim 0105/Aceh Barat untuk menyumbangkan darahnya membantu PMI atau Rumah Sakit Umum Cut Nyak Dhien yang diketahui memiliki persediaan stock darah semakin menipis yang saat ini menghadapi pandemi Covid – 19, Kamis (9/4).

Sesuai perintah dari Komando Atas guna memenuhi ketersediaan stock darah di PMI, Kodim 0105/Aceh Barat bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah Rumah Sakit Umum Cut Nyak Dhien menggelar donor darah. Kegiatan yang dipusatkan di Rumah Sakit tersebut melibatkan 40 personil Kodim Aceh Barat.

Letkol Nurul yang turut menyumbangkan darahnya mengakui, semakin meningkatnya penyebaran Virus Covid – 19 dan kebijakan Social Distancing serta Physical Distancing sudah barang tentu akan mengurangi partisipasi masyarakat melakukan donor darah. Mau tak mau berpengaruh pada ketersediaan stock darah di PMI yang mulai menipis. Sementara disisi lain, kebutuhan masyarakat akan darah masih cukup tinggi.

“Oleh karena itu, kegiatan ini penting dilaksanakan guna membantu PMI dan Rumah Sakit Cut Nyak Dhien”, ujar Dandim Letkol Kav Nurul Diyanto, S.Pd.

Dandim yang akrab disapa Letkol Nurul itu menambahkan, kegiatan yang dilakukan institusinya tetap memperhatikan protokoler kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah ditengah pandemi corona dengan cara tidak berkerumun dan bergantian saat melakukan donor darah serta memperhatikan jarak antara satu dengan yang lainnya. Kemudian yang tak kalah penting dilakukannya pengecekan HB bagi personel yang akan diambil darahnya oleh tenaga medis Instalasi Transfusi Darah Rumah Sakit Umum Daerah Cut Nyak Dhien Meulaboh.

“Dalam kegiatan donor darah ini tidak banyak melibatkan personel, karena hal hal yang berkaitan dengan Social Distancing dan Physical Distancing harus kita implementasikan dengan baik dan benar”, terang Dandim

Kegiatan donor darah yang dilaksanakan Kodim 0105/Abar bertujuan untuk membantu ketersediaan stock darah di RS CND yang semakin menipis. Dengan harapan bisa membantu masyarakat terutama bagi pasien yang kurang mampu atau yang membutuhkan.

RED

Share.

About Author

Leave A Reply