Idris: Underpass Dewi Sartika Segera Dibangun

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KOTA DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) menggelar pertemuan membahas rencana pembangunan underpass di Jalan Dewi Sartika. Jadi, dalam pertemuan tersebut, pihaknya menyampaikan mengenai pembuatan Surat Keputusan Penetapan Lokasi (SKPL). Semua itu dimaksudkan agar pembebasan lahan untuk underpass bisa segera dilakukan.

“ Selain itu, pihaknya juga meminta hasil Detail Engineering Design (DED) supaya perangkat daerah terkait bisa segera merancang kebijakan mengenai pengadaan lahan. Serta melakukan pematokan tanah yang akan dibebaskan. Bahkan disepakati pembangunannya akan dilaksanakan di bulan Juli 2020 setelah penyelesaian pembebasan lahan,” ujar Wali Kota Depok, Mohammad Idris, Selasa (18/2), seusai Ekspose Underpass Dewi Sartika, di Balai Kota Depok, Jawa Barat.

Menurutnya, bahwa rencananya pembangunan underpass Dewi Sartika terbagi dalam dua tahap. Tahap pertama mulai Juli tahun ini dengan total anggaran sebesar Rp 56 miliar dan tahap kedua di awal 2021 dengan anggaran Rp 54 miliar.

“Sesuai dengan hasil DED yang dibuat oleh Pemprov Jabar, pembangunan akan berlangsung selama 14 bulan. Sementara yang akan melakukan pembangunan adalah Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBP) Jabar,” tutur Idris.

Idris juga menambahkan, bahwa ketika pembangunan tahap pertama, pengerjaan yang dilakukan berupa bagian depan jalan (frontage), dinding turap (sheet pile), relokasi saluran irigasi, drainase dan trotoar. Sementara tahap kedua adalah pembangunan terowongan di bawah jalur kereta api.

“ Artinya, pada saat pengerjaan tahap satu pun jalan tidak akan ditutup karena pihak Dishub Depok sudah mempersiapkan dengan baik rekayasa lalu lintasnya. Jadi, dengan kerjasama kolaboratif ini, semoga pembangunan Underpass Dewi Sartika dapat berjalan dengan lancar,” pungkas orang nomor satu di Kota Depok itu.

MAULANA SAID

Share.

About Author

Leave A Reply