Korem 091/ASN Gelar Gerakan Penanaman Sejuta Pohon Secara Ekstrim Dengan Cara Repling

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KUTAI KARTANEGARA – Memperingati Hari Juang TNI, digelar rangkaian bakti sosial gotong royong dan penghijauan dengan menanam 1.000 pohon. Penanaman dilakukan di depan halaman SMK Negeri 1 Muara jawa , Jln. BJ.Habibi , Kel.Dondang , Kec Muara Jawa , Kab.Kutai kartanegara, Selasa (10/12).

Kegiatan bertemakan “ TNI AD Adalah Kita” , penanaman ini juga melibatkan 500 orang dari TNI-Polri, Ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana, Ibu Bayangkara, Pemda, Ormas, Pramuka, anak sekolah dan masyarakat.

Sedangkan 1.000 pohon berjenis diantaranya sengon, trambesi, matoa, rambutan, sirsak jambu batu, jambu agung.

Penanaman ini juga dilakukan di ketinggian dan Medan yang cukup menantang yaitu dengan repling.

Dalam sambutan Danrem 091/ASN, Brigjen TNI Widi Prasetijono yang dibacakan Kasrem Kolonel Inf Ruslan Effendy menuturkan Penghijauan adalah salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara konseptual dalam menangani krisis Iingkungan. Begitu pentingnya sehingga penghijauan sudah merupakan program nasional yang dilaksanakan di seluruh penjuru tanah air.

“ Sebagai paru-paru dunia, penghijauan sangat penting untuk mencegah efek dari global warming yang sekarang ini mulai terjadi, yang disebabkan oleh kurangnya penghijauan, banyaknya penggundulan hutan, dan karena efek dari rumah kaca”, ungkapnya.

Kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan di Desa Dondang Kecamatan Muara Jawa sebagai kepedulian kita dalam mendukung program pemerintah dalam bidang penghijauan untuk merehabilitasi lahan-lahan kritis secara maksimal serta pemulihan akibat dampak kebakaran yang terjadi beberapa waktu lalu.

Pohon yang ditanam sebanyak Satu Juta pohon. Tanaman ini nantinya selain dapat memberikan estetika dan keindahan untuk keasrian kota juga akan berdampak positif terhadap kualitas lingkungan dan kehidupan masyarakat. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa manfaat dari penghijauan dapat berfungsi sebagai penyaring panas sinar matahari di jalan, yang mampu menjaga keseimbangan kadar oksigen (O2) dan karbondioksida (CO2) serta mengurangi polusi dan meredam kebisingan.

Saya berharap agar Kegiatan Penanaman Pohon ini, dapat ditindaklanjuti dengan perawatan pasca tanam untuk mempertahankan posisi tumbuh agar tetap tegak dan stabil, sehingga apa yang kita tanam pada hari ini tentunya menjadi tanggung jawab kita semua untuk membuat alam dan lingkungan menjadi lebih baik dari hari ke hari.

RED

Sumber : Penrem 091/ASN

Share.

About Author

Leave A Reply