SMKN 1 Siantar Sukses Gelar ANBK 2023 Dengan Sistem Online Mandiri

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, SIMALUNGUN – SMKN 1 Siantar, Kabupaten Simalungun sukses menggelar Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2023 dengan sistem online mandiri gelombang pertama selama dua hari 28-29 Agustus. Sebanyak 50 peserta didik SMKN 1 Siantar kelas XI terlibat dalam ANBK ini.

ANBK Tahun 2023 SMKN 1 Siantar baik simulasi, gladi bersih maupun utama dilaksanakan pada bulan Agustus 2023, adapun tempat pelaksanaan ANBK terfokus di ruang laboratorium komputer.

Kepala SMKN 1 Siantar, M.Syahrizal Damanik MPd melalui Ketua Panitia Pelaksana ANBK, Risma Afriani Nainggolan SP mengatakan, ANBK adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk meningkatkan mutu pendidikan yang dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

“Ada tiga instrumen penilaian dalam ANBK ini yaitu asesmen kompetensi minimum, literasi, Nnumerasi, survey karakter, dan survey lingkungan belajar,” kata Risma pada Selasa,(29/8/2023).

Risma menyampaikan, jumlah peserta ANBK di SMKN 1 Siantar dengan rincian 45 peserta utama dan 5 peserta cadangan.

Adapun peserta yang mengikuti ANBK dipilih oleh Kemdikbud dari aplikasi EMIS dan dipilih secara acak. peserta ANBK adalah peserta didik kelas XI.

“Kita telah melakukan persiapan yang matang dalam mensukseskan kegiatan ini, dimulai sejak awal bulan Agustus, dengan melakukan pengecekan kondisi seluruh perangkat pendukung, perbaikan jaringan, dan lainnya,” jelasnya.

Dia juga menegaskan bahwa pelaksanaan ANBK berjalan lancar tanpa kendala. Ia berharap hasil ANBK tahun ini bisa lebih baik lagi dibandingkan dengan tahun lalu.

“Alhamdulillah tidak ada kendala baik teknis pelaksanaan dan jaringan internet,” pungkasnya.

TONI.

Share.

About Author

Leave A Reply