RadarOnline.id, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mendukung pelaksanaan ASEAN Railway CEOs’ Conference (ARCEOs’ Conference) ke-44 di Bandung, Indonesia, yang berlangsung dari 02 -05 September 2024.
Konferensi ini dihadiri delapan operator kereta api dari Asia Tenggara, yaitu Keretapi Tanah Melayu (Malaysia), Vietnam Railways (Vietnam), Ministry of Public Works and Transport (Kamboja), Lao National Railways (Laos), Philippine National Railways (Filipina), Myanma Railways (Myanmar), State Railway of Thailand (Thailand), dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) (Indonesia).
Manager Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko mengatakan pada Rabu, 4 September 2024, delapan CEO Kereta api dari Asia Tenggara tersebut mengunjungi Stasiun Besar Gambir untuk melihat langsung layanan dan inovasi PT KAI (Persero).
“ Mereka meninjau fasilitas seperti Face Recognition untuk boarding, ruang tunggu yang nyaman, coworking space dan toilet yang bersih,” kata Ixfan, Rabu (4/9/2024).
Dalam keterangannya kehadiran 8 (delapan) CEO Kereta Api dari Asia Tenggara, Ixfan menjelaskan ARCEOs’ Conference tahun 2024 dengan tema “Driving Sustainability with Digital Innovation” akan berfokus pada pembahasan perkembangan perkeretaapian yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, didukung oleh transformasi digital dalam aspek keselamatan dan pelayanan.
“Untuk kinerja angkutan penumpang Stasiun Besar Gambir di bulan Agustus 2024 telah mengangkut penumpang sekitar 248.079 Orang, atau rata2 perhari sekitar 8.000 orang, dengan jumlah perhari 29 s/d 31 perjalanan kereta Api Jarak Jauh,” jelasnya.
Setelah kunjungan di Stasiun Besar Gambir, 8 CEO kereta api dari Asia Tenggara akan melanjutkan perjalanan ke Stasiun Bandung dengan menggunakan kereta Panoramic.
Konferensi ini menjadi platform untuk berbagi praktik terbaik dalam operasi perkeretaapian, transformasi digital, dan komersial perkeretaapian. Sebelum kunjungan ke Gambir, para delegasi juga mencoba Kereta Cepat ASEAN pertama, Whoosh, serta LRT.
Untuk informasi lebih lanjut terkait perjalanan KA, ketersediaan tiket, atau informasi lainnya, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp di 08111-2111-121, email di cs@kai.id, atau melalui media sosial KAI121. (red)
Sumber : Daop 1 Jakarta