Buktikan Dukung Proklim, PLN Berikan Bantuan TJSL KRL Asri 27

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, BOGOR — Untuk mendukung Desa Berdaya Kampung Ramah Lingkungan (KRL) Asri 27, PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat (UIT JBB) menyerahkan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), pada Kamis 20 Juni 2024, di Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

“Jadi, pemberian bantuan tersebut tujuan utama, PLN dalam mendukung pembentukan Program Kampung Iklim (Proklim) adalah mendorong partisipasi masyarakat untuk melakukan upaya-upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara berkelanjutan,” ujar General Manager PLN UIT JBB Didik Fauzi Dakhlan, Jum’at (21/6/2024).

Ia menyebutkan, bahwa sebagai perusahaan kami sadar bahwa operasional perusahaan akan berjalan dengan baik apabila terjadi keseimbangan hubungan antara perusahaan dan masyarakat dengan berbagai kegiatan yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat maupun lingkungan sekitarnya. “Artinya, dari pengakuan ini menjadi motivasi kami untuk melakukan program pemberdayaan masyarakat di seluruh wilayah kerja PLN UIT JBB,” ucap Didik.

Sementara itu, Kasi Kemitraan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor, Surya Sumini mengucapkan terima kasih kepada PLN UIT JBB yang telah memberikan bantuan TJSL kepada KRL Asri 27. Ia berharap tanggung jawab sosial lingkungan ini tetap berlanjut.

“Terima kasih kepada PLN UIT JBB yang telah membantu warga Kabupaten Bogor. mudah-mudahan tanggung jawab sosial lingkungan ini tetap berlanjut dan KRL ini lebih berkembang lagi. Semoga bantuan TJSL ini dipergunakan sebaik-baiknya, tidak hanya mendapatkan saja tapi tidak dipelihara,” imbuh Surya.

Ia mengakui adanya kerjasama dan kolaborasi di antara masyarakat KRL yang membuat KRL Asri bisa bertahan. Ia lanjutkan, tanpa adanya kerjasama di suatu organisasi adalah nol besar karena semua tidak bisa sendiri, itulah yang harus dipertahankan.

“Mudah-mudahan kedepan lebih banyak lagi yang menerima bantuan TJSL dari PLN UIT JBB. Merubah perilaku masyarakat tidak semudah membalikkan telapak tangan, perlu adanya keinginan dan keikhlasan dari diri kita sendiri,” pungkas Surya.

Hal itu juga dikatakan Manager UPT Gandul, Ardylla Rommyonegge, bahwa bantuan TJSL diberikan untuk mendukung kegiatan dan membantu KRL Asri 27 agar tetap menjaga keasrian, kesejukan, kebersihan dan lingkungan yang tetap asri dan hijau.

“Semoga bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pada kelompok penerima manfaat TJSL atau CSR,” tukas Ardylla.

Ditempat yang sama, Ketua KRL Asri 27, Damidi memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada PLN UIT JBB yang sudah turun langsung memberikan bantuan TJSL kepada pihaknya. Ia juga mengucap terimakasih tak terhingga atas perhatian pihak PLN UIT JBB yang sudah turun langsung memberikan sosialisasi tentang kelistrikan.

“Saya mewakili organisasi KRL Asri 27 ini mengucapkan banyak terima kasih kepada PLN UIT JBB yang telah memberikan kesempatan dan bantuan kepada kami,” ucap Damidi.

Dalam acara penyerahan bantuan tersebut, dilakukan peninjauan kegiatan kelompok wanita tani, daur ulang dan bank sampah. Kegiatan juga dimeriahkan dengan edukasi tentang manfaat dan bahaya listrik guna menanamkan nilai pentingnya menjaga keselamatan dalam mengelola kelistrikan.

Dengan program ini juga merupakan upaya PLN untuk turut berkontribusi terhadap program Environmental, Social, and Governance (ESG) PLN serta mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 13 tentang Penanganan Perubahan Iklim.

Diketahui, Desa Berdaya KRL Asri 27 merupakan salah satu program TJSL yang berada di wilayah Right of Way (ROW) Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi 500kV Depok-Cibinong, Kabupaten Bogor.

mul/red

Share.

About Author

Leave A Reply