Gudang Transportir BBM Solar Terindikasi Angkut Minyak Bersubsidi

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, BEKASI – Aktivitas gudang ilegal diduga menimbun Bahan Bakar Minyak (BBM) Bersubsidi jenis solar ditemukan di kawasan Mustika Jaya, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Dalam penelusuran, gudang penampungan solar bersubsidi diduga milik PT AJP (Perusahaan Transportir BBM PERTAMINA) ini menimbun dan penyalahgunaan kewenangan untuk kepentingan pribadi.

Indikasi adanya aktivitas illegal terlihat dari armada box jenis ekel warna kuning identik dengan mobil modifikasian yang di rancang secara khusus untuk mengangkut bahan bakar minyak dengan cara mobile/muter dua kali melakukan pengisian jenis solar bersubsidi di SPBU wilayah Bekasi dan Citeureup, Bogor, Jawa Barat.

“Mobil box ekel warna kuning itu sering lewat dan ngisi BBM jenis solar disitu,” kata AS, warga yang kerap berada di SPBU Mustika Jaya, Bekasi, Kamis (20/6/2024).

Dari hasil penelusuran awak media, mobil modifikasi jenis ekel terlihat keluar masuk dan terparkir di depan gudang PT AJP di wilayah Bekasi.

“Katanya mah itu gudang Pak, hanya tidak tau gudang apa,” kata KR, warga sekitar gudang terindikasi tempat penampungan BBM Bersubsidi jenis solar.

Dari temuan tersebut, diminta kepada aparat penegak hukum yakni Polres Metro Bekasi Kota, Polsek Mustikajaya, Polda Metro Jaya, Mabes serta BPH Migas untuk menindaklanjuti dan mengungkap adanya aktivitas gudang illegal BBM Bersubsidi di wilayah Bekasi.

Sebagaimana diketahui, maraknya penimpunan dan penyalahgunaan BBM bersubsidi oleh oknum atau distributor yang kurang bertanggungjawab tidak membuat efek jera meski hukuman jelasnya tertuang dalam Pasal 55 UU Undang Undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi. Dimana, para pelaku terancam dipidana penjara paling lama enam tahun dan denda paling banyak Rp.60 miliar.

Tentunya, ini menjadi perhatian penting sebab ada kekhawatiran penyalahgunaan BBM subsidi yang dilakukan oknum mafia BBM yang tidak bertanggung jawab diwilayah Jabodetabek, khusunya Bogor dan Bekasi. ( kus/tim )

Share.

About Author

Leave A Reply