PLN UIT JBB Siaga Penuh Jaga Keandalan Listrik Selama Idul Adha 2024

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KOTA DEPOK — PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat (UIT JBB) memastikan kualitas dan keandalan pasokan listrik terjaga selama masa siaga Idul Adha 1445 Hijriah tahun 2024.

“Jadi, pihaknya akan memaksimalkan operasional seluruh infrastruktur kelistrikan agar masyarakat dapat beribadah dengan nyaman,” ujar General Manager PLN UIT JBB, Didik Fauzi Dakhlan, Minggu (16/6/2024).

Disebutkannya, pihaknya juga memastikan seluruh sistem kelistrikan dalam kondisi aman dan prima untuk melayani kebutuhan masyarakat.

“Kami bersyukur seluruh sistem kelistrikan dalam kondisi normal sehingga pada perayaan Idul Adha tahun ini bisa dilalui dengan penuh kebahagiaan bersama keluarga,” ucap Didik.

Menurutnya, untuk menjaga keandalan listrik, selama masa siaga, PLN UIT JBB mengerahkan sebanyak 1.135 personel yang tersebar di 25 posko yang disiagakan sejak 16-18 Juni 2024. Metode penjagaan dilakukan dengan sistem piket 24 jam bagi petugas operasional.

“Kami juga menyiagakan 67 personel Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) di 6 Unit Pelaksana Transmisi (UPT) dan 208 personel line walker,” tutur Didik.

Lebih jauh dijelaskannya, PLN UIT JBB sudah melakukan pemeliharaan sejak jauh hari sebelum masa siaga dan dipastikan sistem dalam kondisi optimal.

“Sejumlah mitigasi telah kami lakukan untuk menjaga keandalan pasokan listrik selama siaga Idul Adha, diantaranya inspeksi dan konsolidasi internal termasuk mengecek kesiapan personel dan peralatan,” tukas Didik.

Dan memastikan setiap listrik tersalurkan melalui sistem transmisi yang aman dan andal. Artinya kata Didik, seluruh personel PLN UIT JBB siap mengawal listrik tetap menyala selama rangkaian hari raya Idul Adha.

“Jadi, dengan langkah itu diambil untuk memantau dan mengatasi setiap gangguan yang mungkin terjadi serta memastikan bahwa masyarakat dapat menjalankan aktivitas mereka dengan lancar dan nyaman,” papar Didik.

Didik menambahkan, bahwa PLN UIT JBB menyiagakan 171 gardu induk tersebar di wilayah Jakarta dan Banten dan 20 unit mobil quick response yang dilengkapi peralatan kerja. PLN UIT JBB juga menempatkan peralatan online monitoring pada tiap gardu induk.

“Selain memastikan keandalan sistem kelistrikan, PLN UIT JBB juga terus melakukan koordinasi dengan pihak pengamanan TNI dan Polri untuk mengamankan objek vital nasional (Obvitnas),” pungkasnya.

MAULANA

Share.

About Author

Leave A Reply