Kasatlantas Membantah Dugaan Adanya Calo Di Satpas Colombo

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, SURABAYA – Satuan Pelaksana Administrasi (Satpas) Surat Ijin Mengemudi (SIM) Colombo yang berlokasi di Jalan Kerapu 2-4 Perak Barat, Surabaya, Jawa Timur, banyak calo disekitar.

Salah satu warga tambak asri mengungkapkan kekecewaannya terkait kepengurusan Sim C dicolombo.

Ia mengatakan kalau ngurus SIM dengan kita datang ke Satpas Colombo terkadang ada kendala ditest teori, mesti gagal,” ungkapnya.

Menurutnya, kita harus mengulang lagi, dan disuruh datang lagi 1 Minggu lagi. Terkadang sudah test lagi juga tidak lulus.

“ Kalau sampai diulang lagi dan sudah beberapa kali lagi ada tambah biaya yang harus dikeluarkan. Yang jadi masalah itu karena saya untuk urus SIM itu ijin ke perusahaan Mas, kalah ijin-ijin terus kita yang gak enak. Kita sudah ijin itupun tidak lulus,” imbuhnya.

“Sedangkan kalau kita melalui calo kita pasti lulus, memang harus ikut alur kepengurusan, akan terapi tanpa tes teori ataupun praktek langsung lulus akan tetapi harus mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk SIM C bisa dikenakan biaya 750 ribu, baru lulus,” pungkasnya.

Saat dikonfirmasi, Kasatlantas Polrestabes Surabaya AKBP Arif Fazlurrahman menyatakan SIM merupakan Tanda / Legalitas Kompetensi mengemudikan kendaraan yang meliputi pengetahuan dan wawasan yang mana ditandai dengan lulus ujian teori (menggunakan test digital / audio visual test) serta ketrampilan berkendara yang mana ditandai dengan lulus ujian praktek,’ katanya.

Menurut Kasat, tidak benar kalau di Satpas Colombo ada sistem percaloan, kalaupun ada yang menjanjikan kelulusan itu bukan hal mutlak, tahapan proses harus dilewati. Jangan tergiur dan jangan tertipu. Apabila ditemukan petugas polri yang menjanjikan kelulusan dengan meminta sejumlah imbalan agar dilaporkan kepada saya identitasnya yang jelas sehingga bisa kita tindak lanjuti untuk proses pelanggaran disiplin apabila terbukti.

Proses penerbitan SIM di Satpas Colombo saat ini relatif sangat mudah bagi yang sudah mempersiapkan diri. Terlebih dengan sudah dirubahnya Materi Uji Praktek untuk sepeda motor.

“Bahkan Polrestabes Surabaya dari tahun 2022 sampai dengan saat ini tetap menggelar kegiatan SIM CAK BHABIN, cukup dengan mendaftarkan diri kepada Bhabin diwilayah polsek masing-masing maka akan mendapatkan beberapa kemudahan antara lain : Uji Teori menggunakan HP masing-masing melalui aplikasi eAvis Mobile dan Uji Praktek dilakukan di Lokasi praktek SIM Cak Bhabin yang ada di setiap wilayah Polsek/Kecamatan. Apabila lulus kedua materi uji tersebut bisa langsung foto SIM di Satpas Colombo,” tutupnya.

HARIFIN

Share.

About Author

Leave A Reply