Patroli Laut Dialogis Satpolairud Polres Kepulauan Seribu: Himbauan Keselamatan dan Pencegahan Kejahatan di Laut

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JAKARTA – Pada Sabtu (18/05/2024), Satpolairud Polres Kepulauan Seribu melaksanakan patroli laut dialogis menggunakan Kapal Patroli KP. VII – 40 – 203 di wilayah perairan Kepulauan Seribu. Patroli ini bertujuan untuk memberikan himbauan kamtibmas kepada warga dan nelayan mengenai keselamatan berlayar serta pentingnya penggunaan life jacket.

Kasat Polairud Polres Kepulauan Seribu AKP Dasiman memimpin langsung kegiatan ini. Dalam himbauannya, beliau menekankan pentingnya selalu menggunakan life jacket saat berlayar untuk menghindari risiko kecelakaan di laut. “Keselamatan berlayar harus menjadi prioritas utama bagi setiap nelayan dan warga yang beraktivitas di perairan,” ujarnya.

Selain memberikan edukasi mengenai keselamatan, patroli ini juga bertujuan untuk mengantisipasi tindak kejahatan di laut. Tim Satpolairud mengingatkan para nelayan untuk tidak melakukan illegal fishing dan menekankan larangan keras penggunaan potasium dan bahan peledak dalam menangkap ikan. “Kami akan menindak tegas siapa saja yang terbukti melakukan praktik penangkapan ikan secara ilegal. Potasium dan bahan peledak sangat berbahaya dan merusak ekosistem laut,” tegas AKP Dasiman.

Patroli dialogis ini mendapat sambutan positif dari warga dan nelayan setempat. Mereka merasa lebih aman dan terlindungi dengan kehadiran rutin Satpolairud di perairan Kepulauan Seribu. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga keselamatan dan kelestarian lingkungan laut.

Dengan patroli rutin seperti ini, Satpolairud Polres Kepulauan Seribu berkomitmen untuk terus menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah perairan serta mendukung kesejahteraan nelayan dengan cara yang aman dan berkelanjutan.

red

Share.

About Author

Leave A Reply