Aparat Keamanan Pastikan Pelaksanaan WWF di Bali Berjalan Aman

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, BALI – Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan World Water Forum (WWF) ke-10 sejak tanggal 18 s.d. 25 Mei 2024 di Nusa Dua, Bali. Sejumlah negara akan mengirimkan delegasi dalam pertemuan internasional terbesar di bidang air tersebut. Demi memastikan keamanan selama acara berlangsung, sejumlah persiapan telah dilakukan pemerintah pusat maupun daerah, begitu pula dalam hal keamanan, baik hotel maupun venue yang dikunjungi oleh peserta WWF.

Terkait hal tersebut, Kepala Posko Command Center 91 Operasi Puri Agung 2024 Brigjen Pol Muhammad Firman mengatakan jajaran kepolisian terus meningkatkan pengamanan WWF ke-10 melalui Operasi Puri Agung 2024.

“Operasi Puri Agung merupakan operasi kepolisian terpusat, yang mana operasi ini dengan Sandi Puri Agung sengaja dibentuk, guna menjamin pemeliharaan keamanan yang dilaksanakan selama KTT World Water Forum berlangsung,” katanya

Ia melanjutkan ribuan personel Polri yang ikut mengamankan WWF ke-10 dikendalikan seluruhnya melalui Posko Command Center 91.

Pada Dansatgas, imbuh Brigjen Pol Muhammad Firman, dapat memonitor langsung setiap kegiatan yang terjadi. Dirinya turut mengungkapkan bahwa obyek pengamanan juga meliputi para penginapan para delegasi.

“Kemudian untuk memonitor kegiatan pengamanan ini tidak hanya objek kegiatan, tetapi di objek-objek penginapan para delegasi nanti,” katanya.

Di kesempatan berbeda, pengamanan acara WWF juga dilakukan di kawasan Nusa Dua yang menjadi tempat event internasional tersebut berlangsung.

“Berkaca dari sistem pengamanan event-event besar seperti G20 yang berjalan sukses, pihaknya juga selalu berkoordinasi dengan pihak TNI-Polri maupun unsur pengamanan lainnya. Serta peran serta dari desa penyangga kawasan serta seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung dan menyukseskan perhelatan WWF di Bali,” ungkap I Putu Gede Warga, Chief Security ITDC Nusa Dua.

Beberapa hotel di kawasan ITDC dijadikan tempat tinggal tamu VVIP/VIP. Dalam kegiatan WWF ini, selain di kawasan Nusa Dua, ada juga di luar seperti Conrad Hotel, Mercure, Intercontinental dan The Patra Kuta Tuban yang digunakan oleh Kepala Negara ataupun delegasi yang hadir.

“Untuk di kawasan ITDC sendiri terdapat sekitar 15 hotel yang dijadikan akomodasi tamu VVIP/VIP dan pihak ITDC sudah berkoordinasi dengan GM dan Chief Security masing-masing hotel untuk meningkatkan sistem keamanan dan kenyamanan para delegasi, baik terhadap orang maupun barang bawaan para Kepala Negara maupun Delegasi yang hadir”. -ungkapnya.

(yen/red)

Share.

About Author

Leave A Reply