BPKN Cek Langsung Kesiapan Arus Mudik 2024 di Stasiun Senen

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JAKARTA – Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) melakukan pengecekan di Bandara Halim Perdana Kusuma dan di Stasiun Senen untuk kesiapan transportasi arus mudik 2024, Senen (1/4/2024).

Ketua BPKN, Mufti Mubarok mengatakan hari ini tadi sudah menyaksikan jalur udara dan sekarang kita menyaksikan untuk jalur darat untuk Kereta Api, kesiapan menjelang Idul Adha dan mudik lebaran. Karena volumenya akan naik 56 persen, ada peningkatan 190 juta orang akan mudik itu perlu kita catat tentu dengan persiapan Kereta Api, setelah ngobrol dengan pak Deputi dan semua jajaran disini kesiapan sudah cukup, tapi pasti masih ada persoalan-persoalan kecil ditingkat konsumen misalnya terkait dengan fasilitas-fasilitas yang ada dan sekarang sudah dilengkapi dan tahun ini sudah cukup siap untuk melakukan jalur mudik itu dengan aman, nyaman dan tentu selamat.”

”Kami ingin memastikan pemudik bisa mudik dengan aman, nyaman dan selamat. Semua fasilitas yang dikeluhkan konsumen telah dibenahi, dan pihak KAI menyatakan telah siap dalam masa angkutan lebaran tahun 2024 ini,” tegas Mufti.

Ia menjelaskan, bahwa pengecekan ini merupakan langkah rutin untuk memastikan kesiapan angkutan udara dalam menghadapi arus mudik yang diperkirakan mencapai 190 juta orang.

Pada kunjungan tersebut, BPKN pun mendiskusikan berbagai aspek termasuk harga tiket, fasilitas dan penanganan keluhan dari konsumen.

Sementara itu, Manajer Humas PT KAI (Persero) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko mengatakan pihaknya telah siap menyambut angkutan lebaran 2024. Ixfan mengatakan PT KAI telah menggelar kegiatan ramp check atau inspeksi kelengkapan standar minimum (SPM) bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

‘’Pengecekan perlintasan rel, perlintasan disini mulai dari Cikampek sampai Bojong Barat Stasiun Merak, Bogor, Sukabumi jalur jembatan kemudian fasilitas pelayanan stasiun dan SDM,’’ ucap Ixfan.

Lanjutnya, untuk hari ini H-9, KAI khususnya Daop 1 Jakarta siap menyambut angkutan lebaran 2024. Adapun komposisi angkutan yang telah dijalankan masa angkutan lebaran mulai tanggal 31 Maret sampai 21 april 2024 sebanyak 1.677 perjalanan atau perharinya sebanyak 77 perjalanan.

Untuk penumpang bisa berangkat dari stasiun gambir, senen dan wilayah Daop 1 lainnya. Untuk menunjang kelancaran mudik lebaran, sebanyak 580 petugas kolaborasi BKO TNI-Polri disiagakan dalam untuk mengamankan stasiun, jalur dan pengamanan diatas rel kereta api.

Pihaknya juga mengingatkan kepada para penumpang kereta api agar mematuhi dan memenuhi syarat-syarat dan aturan naik KA.

‘’Larangan merokok jangan sekali-kali melanggar karena akan diturunkan di stasiun pertama kali kereta api berhenti, kemudian tidak membawa barang berlebih , batas 1 orang penumpang dibatasi 20 Kg per orang kalau lebih akan dikenakan denda. Dilarang membawa barang-barang yang berbau menyengat, dan senjata api,’’ tegas Ixfan.

‘’Kami juga ada customer service mobile selama angkutan lebaran yang akan memberikan pelayanan informasi terupdate mungkin yang ada di stasiun dan di dalam stasiun, mereka akan menanyakan jika ada penumpang yang belum tau sama sekali ’’tutur Ixfan.

Sedangkan untuk ketersediaan tiket kereta api menurut pantauannya dari jam 8 pagi hari Senen ini ketersediaan 957 ribu selama masa angkutan nataru itu sudah terjual kurang lebih 60 persen jadi sisanya ada di luar tanggal ideal yaitu mulai tanggal 4 sampai dengan tanggal 10 itu penuh penjualan sudah diangka 100 persen.

Untuk mengarah agar penumpang tidak berjubel ditanggal tersebut Ixfan menyarankan agar masyarakat bisa mudik lebih awal berangkat di tanggal 31 Maret, dan di tanggal 1,2,3 April.

(Edison)

Share.

About Author

Leave A Reply