SMK Swasta Teladan Pematangsiantar Berangkatkan Siswa Alfamart Class Ke IDUKA

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, PEMATANGSIANTAR – SMK Swasta Teladan Pematangsiantar gelar pemberangkatan siswa ke industri dan dunia kerja (IDUKA), angkatan ke-4 jurusan Alfamart Class yang memiliki (kompetensi keahlian Bisnis daring dan pemasaran) SMK Teladan berdiri mulai TP. 2016/2017 dan hingga saat ini sudah menamatkan 4 alumni langsung kerja ke PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (PT. SAT, TBK).

PT. SAT, Tbk sebagai perusahaan yang hadir ditengah masyarakat menjalankan program tanggung jawab sosial berkelanjutan, salah satunya melalui program pendidikan ritel bagi siswa SMK Alfamart Class. Melalui program tersebut, Alfamart bekerjasama dengan SMK yang memiliki jurusan bisnis atau managemen pemasaran, Perusahaan melakukan sinkronisasi kurikulum pendidikan ritel, memberikan pelatihan tenaga pengajar dan siswa dimana program Alfamart hanya ada di SMK Swasta Teladan Pematangsiantar.

Program kerjasama industri dan dunia kerja (IDUKA) yang dilakukan SMK Teladan Pematangsiantar berjalan mulai tahun 2016, kerjasama SMK Teladan dengan PT. SAT, Tbk semakin lama semakin bagus untuk menciptakan lulusan-lulusan dari SMK Teladan siap bekerja dan menciptakan lulusan daya saing tinggi.

Kabid bidang pembinaan SMK Dinas Pendikan Provinsi Sumatera Utara Ichsanul Arifin Siregar S.STP berkata Dinas pendidikan Provinsi Sumatera Utara melalui pembangunan jangka menengah daerah Sumatera utara mendorong bahwa SMK-SMK sekarang bahwa melalui Link and match kemudian teaching factory dengan pembelajaran Prodak dan bisnis khusus SMK harus diterapkan disekolah.

Tentunya kita bersyukur sudah ada SMK Swasta Teladan Pematangsiantar mendorong dan melakukan inovasi bekerjasama dengan Alfamart. Kami dari pemerindah provinsi berterimakasih kepada pejabat-pejabat yang telah sudi kiranya masuk ke SMK-SMK untuk melakukan pengembangan-pengembangan teaching factori, link and match dalam pemagangan guru serta menerima siswa-siswi untuk pakerin.

Ini adalah suatau kebanggaan untuk mendorong pendidikan vokasi Sumatera utara lebih hebat lagi, Karena kita yakin pendidikan vokasi di Sumut tentunya menguatkan Sumatera Utara.

Melalui program SMK untuk tahun 2022 dan tahun 2023 kita sudah mengoperasikan untuk peningkatan kurikulum Link and Match, supaya nanti anak-anak dan guru-guru memahami sesuai dengan kompetensi keahliannya seperti apa IDUDIKA yang dilalui. Maka gurunya kita benahi sehingga siswanya punya kualitas. Maka SMK itu belajar membuat produk kemudian memasarkan produk serta menjual produk”ujarnya

People development manager PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk Yulius Aan Kristianto berkata ini memang tugas kami dari perusahaan ataupun DUDI untuk mesejahterakan adek-adek yang lulus dari SMK bisa langsung bekerja tentunya yang sudah disepakati oleh pemerintah juga.

“Kami dari DUDI berharap Ketika adek-adek Afamart Class lulus dari SMK Teladan Pematangsiantar dan langsung mendapatkan pekerjaan tentunya meringankan beban dari orangtua baik masyarakat itu sendiri.

Kenapa kami memilih SMK Teladan Pematangsiantar menjadi patner PT. SAT, Tbk karena kami melihat SMK Teladan Pematangsiantar sangat maju, dan mau berkembang, dedikasinya adalah hampir sama dengan kami pantang menyerah”.kata Yulius. Selasa (24/5/22).

Di SMK Swasta Teladan Pematangsiantar setiap kelas itu minimal 30 siswa, jadi sampai saat ini sudah angkatan ke-4 jadi otomatis langsung bekerja dengan total 120 orang siswa sudah bekerja di PT. SAT, Tbk. Kita juga berharap adek-adek yang sudah lulus dari Alfamart Class SMK Teladan bisa bergabung dengan kami, dengan minimal umur yang sudah ditentukan oleh Pemerintah.

“Kami dari PT. SAT, Tbk meningkat kerjasama ini dengan tujuan supaya benar-benar adek-adek Alfamart Class SMKTeladan siap bekerja” pungkasnya.

Kepala SMK Swasta Teladan Pematangsiantar Sudarlian SPd, MSi menyapaikan, dari SMK Teladan Pematangsiantar pihaknya telah memberangkatan lulusan Alfamat Class angkatan ke-4, dalam hal ini kami sangat apresiasi  PT. SAT,Tbk dimana hingga saat terus tetap menjalin kerjasama dengan SMK Teladan.

Kedepan terkhusus anak-anak kami yang lulus dari SMK Teladan supaya betul-betul mempersiapkan diri dalam persaingan yang lebih ketat lagi. Bagi kami untuk kegiatan Link and Macth 8+i sangat membantu khususnya untuk anak-anak, sehingga tamat dari SMK Teladan tidak lagi memikirkan kemana mereka harus bekerja. 

“Kita berharap kepada PT. SAT, Tbk bisa memberikan harapan yang lebih baik untuk kami, dan khusus rekan-rekan IDUKA tolonglah bisa membantu pihak SMK sehingga nanti kerjasama seperti ini tidak ada perbedaan-perbedaan dengan IDUKA lain. Dari PT. SAT, Tbk tolonglah diadopsi sehingga jurusan-jurusan lain yang ada di SMK Teladan bisa memiliki institusi pasangan dengan kompetensi keahlian lainnya” tutup Sudarlian. (Toni Tambunan)

Share.

About Author

Leave A Reply