Karumkit Pelamonia Makassar Beserta Staf Ikut Berduka Atas Berpulangnya Eks Jubir COVID-19 dr. Achmad Yurianto

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, MAKASSAR – Mantan juru bicara terkait COVID-19 Kemenkes Kolonel Pur dr. Achmad Yurianto, M. Kes. MARS meninggal dunia pada Sabtu (22/5/2022). 

Ia disebut mengalami multiple komplikasi serta kanker usus dan sebelumnya juga diketahui telah menjalani kemoterapi untuk kanker usus dan tutup usia pukul 18.58 WIB di Malang. 

Ucapan belasungkawa pun berdatangan tak terkecuali dari Kepala Rumah Sakit TK II Pelamonia Makassar dan Staf.

Pada RadarOnline, Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Tk. II Pelamonia Kolonel Ckm dr Krisna Murti Sp BS, menggambarkan sosok Yuri sebagai pahlawan, Purnawirawan berpangkat Kolonel ini banyak mencerahkan beragam informasi, khususnya terkait penyebaran virus Corona sejak indonesia dilanda Corona Virus Diseases (Covid-19).

“Almarhum adalah salah satu pahlawan COVID-19, Semoga Allah menerima amal ibadahnya, diampuni segala dosanya, serta memasukkannya dalam surga. Dan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan keikhlasan, “ujar Krisna, Minggu (22/5).

Diketahui nama Achmad Yurianto begitu populer sejak Indonesia mencatat kasus pertama COVID-19. Pria asal Malang itu kerap hadir di layar televisi menyampaikan perkembangan kasus Corona di awal pandemi.

Yuri sendiri baru bergabung di Kementerian Kesehatan pada tahun 2014 setelah sebelumnya mengawali karier sebagai dokter militer.

Presiden RI Joko Widodo menunjuk Yuri sebagai juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, tepat saat dirinya juga menjabat sebagai Sekretaris Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes.

Di periode Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan, Yuri kemudian menjabat sebagai Direktur Jenderal P2P Kemenkes RI.

Yuri pensiun sebagai jubir COVID-19 pada Juli 2020, digantikan oleh Wiku Adisasmito. Selang beberapa bulan kemudian ia juga melepas jabatannya sebagai Dirjen P2P Kemenkes dan menjadi staf ahli.

Jabatan terakhir yang diemban Yuri adalah Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan 2021-2026. Ia dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara pada 22 Februari 2021.

TIAR

Share.

About Author

Leave A Reply