HOT

Proyek DPU Tangsel Diduga Ditagih Meski Belum Selesai Dikerjakan

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, TANGERANG – Tagihan pembayaran sejumlah paket pekerjaan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tahun 2021 diduga telah dimasukkan meskipun pekerjaan fisiknya belum rampung. Tindakan kongkalikong antara kontraktor pelaksana dengan pihak DPU itu dilakukan untuk menghindari anggaran hangus atau tidak dapat ditagih.

Informasi yang didapat dari kalangan penyedia jasa konstruksi di Tangsel, tagihan atas proyek harus sudah masuk terakhir hari ini, Jumat (24/12/2021).

“Terakhir hari ini. Kalau tidak, ya hangus,” kata salah seorang penyedia jasa konstruksi yang ditemui di sekitar kantor DPU Tangsel, Jumat (24/12/2021).

“Biasanya, kalau yang pekerjaannya belum selesai, tagigan dimasukkan dulu. Dengan catatan ada komitmen akan menyelesaikan pekerjaannya sampai akhir tahun. Itu sudah biasa dilakukan untuk menghindari anggaran hangus,” tambah sumber sembari meminta namanya tidak disebut dalam berita.

Salah satu proyek yang terpantau masih belum rampung dikerjakan adalah “Pembangunan TPT Jalan Nambo” yang dilaksanakan oleh CV. KARYA DUTA PERSADA dengan kontrak sebesar Rp 854.988.000,00,- Sejak awal pekerjaan, proyek ini terkesan terseok-seok. Kontraktor pelaksana diduga tidak memiliki sumber daya yang mumpuni untuk mendukung kegiatannya.

Per hari ini, 24/12/2021) pagar besi di proyek ini baru terpasang sepanjang 2 meter dari panjang keseluruhan 50 an meter.

Proyek lainnya adalah “Pembangunan Jalan Akses TPU Sarimulya” yang dilaksanakan oleh PT. Artha Reksa Abadi dengan nilai kontrak Rp 13.509.969.000,-. Proyek ini masih menyisakan puluhan meter pekerjaan pedestrian dan pemasangan armatur PJU.

Proyek ini terpantau tersendat lantaran TPT pasangan batu di 2 tempat rubuh dan kemudian diganti dengan konstruksi beton bertulang.

Kepala DPU Tangsel, Aries Kurniawan maupun Kepala Bidang Binamarga pada DPU Tangsel, Budi Rachmat belum berhasil ditemui untuk dikonfirmasi terkait dugaan penagihan prematur itu.

“Lagi pada gak ada. Ada rapat diluar mungkin,” kata sekuriti setempat, Jumat (24/12/2021)

JUARA SIMANJUNTAK

Share.

About Author

Leave A Reply