Pengangkatan 282 Calon Advokat Ditetapkan Sebelum Angkat Sumpah Di PT Banten

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, TANGERANG – Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) wilayah Banten menetapkaan dan mengangkat 282 Calon Advokat, pada Selasa (23/11/2021) di Gedung The Agathon Function Centre, Gading Serpong Tangerang Banten.

Advokat sebelum diangkat Sumpah atau Janji, sesuai Mekanisme dan aturan DPN PERADI Pusat, ke 282 Calon Advokat ini sudah mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) DPN bekerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Negeri atau Swasta di daerah maupun di Pusat dan sudah lulus Ujian Profesi Advokat (UPA).

Ketua DPC Peradi Tangerang, I Enny Sri Handayani SH MH di dampingi Wakilnya W. Mihon SH. MPd., pelaksanaan angkat sumpah ke 282 Advokat dari 4 wilayah, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Tangerang Raya, Serang, Rangkas Bitung dan Pandegelang, oleh H . Charis Mardiyanto, SH. MH, Ketua Pengadilan Tinggi Banten (PT Banten), Rabu (24/11/2021).

Dr. Cristine Susanti SH M.Hum, Ketua Bidang Pendidikan yang juga sebagai, Ketua Pusat Bantuan Hukum (Posbakum) Peradi Tangerang, mengatakan kepada wartawan, Advokat yang baru angkat sumpah harus banyak belajar dari Advokat yang sudah berpengalaman baik formal maupun informal dan mengikuti seminar seminar hukum.

Pembukaan Kantor Posbakum Peradi, di depan Pengadilan Negeti Tangerang untuk membantu masyarakat pencari keadilan baik Konsultasi Hukum maupun Pendampingan di Pengadilan bagi yang tidak mampu.

Pakar Hukum, Dr Dwi Seno Wijanarko, mengatakan dalam Penegakan hukum yang berkeadilan di Indonesia ada empat pilar ranah hukum Penyangga, dan harus melibatkan Advokat mulai dari pemeriksaan di Polisi (Penyidik) sampai berlanjut ke Persidangan di Pengadilan.

Empat unsur Penyangga Penegakan hukum, terdiri dari Kepolisian (Penyidik) Jaksa (Penuntutan) Hakim (Pengadilan) dan Advokat (Penasehat Hukum) ke empat unsur ini memiliki kedudukan yang sama, tidak ada yang lebih tinggi, jika salah satu unsur patah maka penegakan hukum tidak bisa berdiri tegak.

LIM

Share.

About Author

Leave A Reply