BPSDM Buat Cerita Drakom Sebagai Pembinaan SDM ASN

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JAKARTA – Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah sebuah profesi bagi pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang bekerja pada instansi pemerintah.

ASN Berfungsi sebagai pelaksana kebijakan publik, sebagai pelayan masyarakat dan Pemersatu Bangsa, yang dalam pelaksanaan fungsinya dilaksanakan melalui komunikasi internal dan komunikasi eksternal.

“Kegiatan komunikasi sangat berperan penting untuk menghasilkan pemahaman yang sama antara pengirim dengan penerima informasi. Dalam hal hirarki pemerintahan, Komunikasi dimanfaatkan agar arahan ataupun informasi yang disampaikan dapat diterima dan diterapkan dengan baik oleh jajaran,” ujar Kepala BPSDM Kumham, Dr. Asep Kurnia.

Menurut Dr. Asep Kurnia penomena yang terjadi belakangan ini kebudayaan luar mempengaruhi suatu daerah. Dalam penyampaian informasi peraturan atau himbauan di organisasi pemerintah, biasa disampaikan melalui media komunikasi satu arah seperti Nota Dinas, Surat Perintah, Pengumuman, dan lain-lain. Penyampaian arahan ini terkadang tidak efektif karena kerap tidak terbaca, terlupakan / dilupakan oleh ASN walaupun sudah membacanya.

“Seiring berkembangnya tren dan kemajuan jaman, pada tahun 2020 Subbagian Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokol BPSDM Hukum dan HAM mencoba memilih alternatif media informasi yang tidak membosankan, tidak pasaran, dan tepat sasaran yaitu melalui media sosial. Dengan memanfaatkan penggunaan laman youtube Humas melakukan penetrasi pengetahuan dan pembelajaran ASN melalui sebuah
program bertajuk “Drama Komedi ASN Kampoeng Gandoel”, dengan pemain dan tim editor berasal dari Tim Humas itu sendiri dengan cerita berkisar realita dan budaya kerja ASN yang kerap terjadi di instansi pemerintah, video pertama berjudul “Akibat Lupa Isi Jurnal Harian” , Drakom ASN
berlanjut dengan tema Ghibah Di Kantor, Saling Lempar Tugas, Gagap teknologi, Percaya Hoax, Main Dukun dan lain lain.

“Dengan Drakom ASN sebagai pilihan media komunikasi eksternal satu arah, diharapkan dapat memberi pemahaman kode etik dan hal-hal lain terkait pelaksanaan tugas sebagai ASN. Hal hal seputar kedisiplinan, kepatuhan jam kerja, etos kerja, dan lain lain yang selama ini tertera di dalam Peraturan Undang-Undang namun kerap terabaikan,” ungkap Kepala BPSDM kepada radaronline.id melalui relis yang diterima redaksi, Rabu (27/10/2021).

Dalam konteks sebagai konten Youtube jekasnya, yang bisa di akses oleh masyarakat dimana saja, dan kemasan dalam bentuk drama komedi di harapkan agar penonton terhibur, dan merasa tertegur untuk melakukan pengkoreksian diri terhadap hal-hal yang selama ini lalai dilakukan sebagai seorang abdi negara.

“Tim Humas BPSDM Kumham bertekad Drakom ASN Kampung Gandoel bisa menjadi salah satu contoh dari usaha
pemerintah untuk dapat memperbaiki kinerja ASN, menggeser persepsi bahwa Pemerintahan hanya diisi oleh mereka yang terlanjur nyaman dan tidak mau berbenah diri,” tekan Dr. Asep Kurnia.

Dia berharap Drakom ASN Kampung Gandoel ini dapat menginspirasi Humas Pemerintahan lain untuk meningkatkan kreativitas konten, menjadi alternatif produksi dari konten Podcast yang kini membanjiri kanal-kanal youtube pemerintahan. Sehingga kualitas ASN sebagai Pelayan Masyarakat semakin lebih baik lagi.

THOMSON

Share.

About Author

Leave A Reply