HOT

Pekerjaan Pemeliharaan TPU Lebak Wangi Diduga Tidak Sesuai Spek

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, TANGERANG – Pembangunan pagar Tempat Pemakaman Umum (TPU) Lebak Wangi di Desa Lebak Wangi, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang diduga kuat tidak sesuai spesifikasi teknis (spek) dan gambar teknisnya. Kontraktor pelaksana diduga tidak mengikuti apa yang tertera pada Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan gambar rencana pekerjaan.

Dugaan itu timbul karena dengan kasat mata terlihat bahwa besi tulangan untuk kolom beton berukuran sangat kecil. Besi tulangan utama yang dipakai adalah besi polos berdiameter 6 mm. Sedangkan besi sengkang (cincin) dipakai besi berukuran kecil yang diperkirakan hanya berdiameter 2 mm. Ukuran sekecil itu tidak tercatat sebagai besi tulangan dalam PBI 1971 yang menjadi pedoman pelaksanaan pekerjaan pembesian beton bertulang di Indonesia.

Tak berhenti disitu, tulangan balok beton juga tampak dikerjakan dengan ‘model baru’ made in CV. SPU selaku kontraktor pelaksana. Tulangan balok beton tidak dirangkai sebagaimana lazimnya. Tulangan balok beton terbuat dari besi tulangan utama kolom yang sengaja dicanangkan dan kemudian dibengkokkan ke kiri dan ke kanan.

Dengan cara itu, patut diduga bahwa besi tulangan balok beton, tidak sambung- menyambung sepanjang pagar. Tidak terlihat adanya besi cincin sepanjang besi tulangan yang dibengkokkan itu.

Terkait pelaksanaan pekerjaan pembesian yang sangat tidak lazim itu, Kepala UPT Pemakaman pada Dinas Perumahan, Permukiman dan Pemakaman pada (DPPP) Kabupaten Tangerang, Ardhani tidak dapat ditemui untuk dikonfirmasi.

Pesan singkat (sms) dan WhasApp massage ke ponselnya, Selasa (31/8) tidak direspon.

JUARA SIMANJUNTAK

Share.

About Author

Leave A Reply