KASAD Andika Perkasa Resmikan Gereja Ignatius Slamet Riyadi Magelang

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, MAGELANG – Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa bersama Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana (Persit KCK), Hetty Andika Perkasa didampingi Gubernur dan Wakil Gubernur Akmil, para perwakilan Romo Paroki Santo Mikael Panca Arga, meresmikan Gereja Katolik Ignatius Slamet Riyadi di Kesatrian Akademi Militer Magelang, yang dalam proses pembangunannya bekerjasama dengan Keuskupan Agung Semarang.

Mayor Inf Kamut Sutanto selaku Kasi Rohani Katolik Pembinaan Mental Akmil menceritakan bahwa pembangunan gereja katolik ini sebuah kerjasama dengan Keuskupan Agung Semarang dengan Gubernur Akmil dimasa kepemimpinan Letjen TNI Dudung Abdurachman, atas permintaan taruna-taruni dan warga organik katolik Akmil.

“ Jadi di Akademi Militer sudah ada gereja katolik tapi ada di luar kesatrian ada di perumahan, tapi untuk taruna katolik memang terkendala tidak ada waktu untuk mengikuti ibadah di luar, kemudian di dalam tidak ada sarana prasarana untuk taruna beragama katolik sehingga selama ini taruna katolik dan peserta didik yang lain yang perlu kami layani dalam kesatrian ini kami laksanakan ibadah berpindah tempat,” ujar Mayor Inf Kamut Sutanto.

“Kami mengajukan tempat di kelas, lapangan, ketika hari minggu, dan dihari-hari yang lain. kemudian ada komunikasi untuk bagaimana kalau dibuatkan gereja untuk taruna Akademi Militer sehingga kemudian ditindak lanjuti oleh Keuskupan Agung Semarang dibuatkanlah bangunan gereja ini,” tambah Sutanto.

Ia juga menambahkan Nama Gereja Katolik Ignatius Slamet Riyadi, diambil dari sosok Pahlawan Nasional Beragama Katolik, yang juga Seorang Prajurit TNI Angkatan Darat. Yang gugur karena membela negara Republik Indonesia, harapannya dengan nama tersebut para taruna-taruni yang beribadah di tempat ini punya semangat kepahlawanan untuk membela negara.

Gereja Katolik yang didesain oleh Anggota Zeni Akmil ini berkapasitas 100 jamaah, dan memiliki ruang pengakuan dosa. Pemilihan arsitektur gereja ini percampuran modern dan kultur Budaya Jawa, dengan dihiasi bantuan alam di bagian luar.

Mayjen TNI Candra Wijaya selaku Gubernur Akmil, berharap ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk beribadah serta pendidikan keagamaan bagi para taruna-taruni Akmil.

“Dengan dibangunnya gereja katolik ini saya berharap agar ibadah kemudian pelaksanaan kebersamaan dan pendidikan keagamaan mereka di gereja itu lebih bagus, lebih dekat tempatnya dan fasilitasnya juga sangat bagus sehingga mereka bisa lebih enak dalam beribadah,” ujar Gubernur Akmil.

Hal serupa juga diutarakan Sermadatar Aprijal Sianipar, sebagai Taruna Urusan Rohani Katolik Akmil.

“Kami berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat pada pembangunan gereja ini, juga kepada bapak KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa yang pada hari ini telah meresmikan gereja kami ini sehingga kami taruna katolik mulai saat ini juga akan melaksanakan ibadah di tempat ini untuk memenuhi kebutuhan rohani kami masing-masing,” jelas Sermadatar Aprijal Sianipar. (Red)

Share.

About Author

Leave A Reply