Kacab Disdik Provsu Angkat Bicara Soal Tuduhan Penipuan Penggelapan Tidak Benar

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, PEMATANGSIANTAR – Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacab Disdik) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) di Pematangsiantar – Simalungun James Andohar Siahaan, membantah tuduhan dalam laporan salah seorang guru yang menyebut dirinya melakukan penipuan dan penggelapan.

“Saya dengan tegas mengatakan,  bahwa saya tidak pernah meminta uang pada setiap guru maupun kepada siapa saja pada satuan pendidikan dengan iming-iming akan menaikkan jabatan,” tegas James, Selasa (27/07/2021).

Kata James, Saya dilaporkan Sudianto Panggabean ke Polres Simalungun pada 07 Juli 2021.

Atas laporan itu, perlu diklarifikasi bahwa laporan dugaan penipuan dan penggelapan oleh salah seorang guru SMK di Kota Pematangsiantar yang berinisial Sudianto Panggabean, itu tidak benar.

Menanggapi hal tersebut, James memberikan bantahan atas apa yang dituduhkan Sudianto Panggabean tersebut.

“Saya merasa tidak pernah melakukan penipuan dengan menarik uang dari tiap-tiap sekolah maupun pada Sudianto Panggabean,” ungkap James. 

Kata James, Sudianto Panggabean  melakukan laporan tersebut dikarenakan faktor sakit hati pada dirinya. 

“Selama ini, Sudianto Panggabean. merupakan tangan kanan James di Kacab Disdik kantor Provinsi Sumatera Utara di Pematangsiantar – Simalungun. Namun, akibat ulah Sudianto Panggabean yang diluar batas, Sudianto Panggabean mendapat arahan agar kedepan berbuat baik. Tapi, arahan yang diberikan tidak diindahkan,” terang James.

Terkait arahan yang tidak diindahkan, akhirnya, Kacab Disdik Provinsi Sumatera di Siantar-Simalungun memberikan hukuman kedisiplinan dengan mengembalikan Sudianto Panggabean menjadi guru pengajar di salah satu sekolah SMKN Pematangsiantar, kata James. 

Diduga, Sudianto Panggabean tidak terima hukuman kedisplinan yang diberikan dan membuat laporan pada pihak Kepolisian atas segala kegiatan James yang dituding sudah meminta “pesangon” dari setiap guru maupun kepala sekolah yang akan naik jabatan. 

“Silahkan saja, sebab saya pun ada bukti kalau segala kegiatan yang saya lakukan ada suratnya,” kata James.

Kata James,  dulu memang segala masalah keuangan saya serahkan pada Sudianto Panggabean. Saya percayakan padanya. Tapi, kalau katanya ada kutipan dari sana-sini untuk perbaikan gedung atau keperluan lain, nanti bisa kita buktikan bersama didepan hukum,” pungkas James. 

James Somasi Sudianto Panggabean

Tak terima dengan tudingan tersebut, Iewat kuasa hukumnya, James Siahaan melayangkan somasi kepada Sudianto Panggabean dan melaporkan balik Sudianto Panggabean ke pihak Kepolisian
atas kasus dugaan pemerasan dan pencemaran nama baik. 

Menurutnya, tindakan yang dilakukan Sudianto Panggabean harus ditindak  agar kejadian padanya tidak terulang lagi. 

“Jadi sekali lagi, saya melakukan tindakan ini bukan main-main. Sebab, Sudianto Panggabean ini sudah pernah melakukan hal yang sama pada salah satu mantan Sekda dulu, sama seperti saya kejadiannya. Jangan sampai ada lagi yang lain setelah saya. Kebenaran memang harus disampaikan,” ucap James. 

Dia berharap, kejadian seperti ini, tidak pernah terulang lagi. Menurutnya, semua orang punya hak hukum yang sama. James juga meyakini, aparat Kepolisian dapat memberikan UU kepastian hukum atas permasalahan ini. (Toni Tambunan)

Share.

About Author

Leave A Reply