Finish! Pos Kout Sota Tuntaskan Tanggung Jawab Patok Batas RI-PNG

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, MERAUKE – Untuk kesekian kalinya Pos Kout (Komando Utama) Sota Satgas Yonif 611/Awang Long melaksanakan kegiatan Patroli Patok Batas untuk memastikan patok batas negara selalu dalam keadaan aman dan terjaga serta menuntaskan dan menyelesaikan tanggung jawab patok yang diberikan oleh TNI-AD kepada Satgas Yonif 611/Awang Long, Selasa (27/07/2021).

Diungkapkan Letkol Inf Albert Frantesca, M. Han. dalam rilis tertulisnya “Satgas Yonif 611/Awang Long memang mempunyai salah satu tugas pokok yaitu Patroli Patok Batas, sebagai satuan pengamanan perbatasan RI-PNG dalam menjaga kedaulatan NKRI di wilayah Papua yang seyogyanya juga mengatasi ancaman yang dihadapi baik pada masa sekarang maupun mengatasi ancaman yang mungkin terjadi pada masa yang akan datang.” ungkap Dansatgas.

Dansatgas menambahkan “selain ancaman Satgas Yonif 611/Awang Long juga melaksanakan tugas mencegah kegiatan illegal di wilayah perbatasan, mencegah aksi-aksi Gerakan Separatis Papua Bersenjata (GSPB) dan menyelenggaraka pemberdayaan wilayah pertahanan di perbatasan RI-PNG.” tegasnya.

Patroli Patok Batas yang dipimpin langsung oleh Wadan Satgas Yonif 611/Awang Long Mayor Inf Endra Eko Fitrianto, SH. dengan 13 anggotanya menempuh jarak 30 Km, meskipun pada bulan Juli ini sudah memasuki musim panas dan cuaca relatif terik matahari serta kondisi medan dalam melaksanakan patroli kali ini bervariasi mulai sungai, hutan dan rawa-rawa membutuhkan fisik yang siap guna memastikan bahwa Patok Batas dalam kondisi aman tidak bergeser serta berada dikordinat sesuai data yang ada GPS.

Perwira Topografi (Patop) Satgas Yonif 611/Awang Long Lettu Ctp Yudi S yang turut serta dalam Patroli Patok Batas mengatakan “Alhamdulillah Patok Batas yang berjumlah 12 Patok berhasil diselesaikan dengan tuntas, dan semua kondisi Patok yang di Patroli dalam kedaan baik dan tidak ada pergeseran.” katanya.

“Kedepan, diharapkan Satgas Yonif 611/Awang Long tetap mengutamakan azas prioritas dan keseimbangan agar mampu mewujudkan yang Satgas yang handal dan mampu berperan mengatasi setiap ancaman yang dapat muncul setiap saat diperbatasan. serta semakin eksis berperan dalam mengatasi berbagai permasalahan yang mungkin terjadi di perbatasan, guna menjaga tetap tegaknya kedaulatan NKRI di wilayah Papua.” tutup Dansatgas.

Sumber : Pen Yonif 611/Awl

Share.

About Author

Leave A Reply