Usep Kasman Sebut Kegiatan MPLS Berjalan Lancar dan Sukses

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KOTA DEPOK — Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah II Jawa Barat (Jabar), I Made Supriatna mengungkapkan, bahwa proses pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2022 yang berlangsung sejak 7 Juni 2021 lalu, sudah berahir dan berjalan cukup kondusif. Sementara, jumlah total pendaftar calon peserta didik sebanyak 29.796. Namun yang diterima di 15 SMAN dan empat SMKN di Kota Depok, Jawa Barat hanya sebanyak 5.673 siswa.

” Selanjutnya, proses kegiatan belajar mengajar secara online akan dimulai pada Senin, 26 Juli 2021. Sedangkan saat ini tengah berlangsung secara online tahap masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS). Adapun proses belajar mengajar secara online akan terus berlangsung hingga keluarnya keputusan pemerintah diperbolehkannya proses belajar mengajar tatap muka,” ujar I Made.

Ditempat terpisah, Kepala SMAN 1 Depok, Usep Kasman membenarkan, bahwa kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), sudah dilaksanakan secara virtual, bahkan berjalan lancar dan sukses. Hal tersebut, semoga kegiatan daring ini dapat mengisi kekosongan kegiatan belajar tatap muka walaupun tidak bisa menggantikan 100% kegiatan tatap muka.

“Artinya, dengan belajar daring diharapkan kemadirian, keuletan, dan sikap pantang menyerah dari siswa dapat terbentuk. Karena dengan sikap-sikap itulah belajar daring dapat berhasil. Tanpa kemandirian, keuletan, dan sikap pantang menyerah, siswa tidak akan mendapatkan apa-apa ketika belajar daring,” ucap Usep.

Sementara itu, Ketua pelaksana MPLS Harti Kasidjah menerangkan, bahwa tujuan kegiatan MPLS ini digelar, meliputi Pengenalan Lingkungan Sekolah (Profil Sekolah, Guru dan Karyawan Sekolah), Keluarga Sadar Hukum, Pendidikan Anti Korupsi, Anti Narkoba, dan Tata Tertib berlalu lintas. Lalu Sekolah Ramah Anak (SRA), Sekolah Sehat dan Adaptasi Kebiasaan Baru di masa Pandemi Covid-19, Penguatan Pendidikan Karakter (Tata krama, Kreatif, Sehat, Cerdas, dan produktif, Wawasan Kebangsaan dan Ideologi Pancasila, Pendidikan Kepramukaan, Pembelajaran Jarak Jauh dan Informasi Pembelajaran Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022 serta Pengenalan Kegiatan Ekskul.

“Artinya, dengan mengikuti MPLS ini, saya berharap seluruhnya dapat memiliki gambaran tentang sekolahnya yang baru yaitu, SMAN 1 Depok. Jadi, bisa mengikuti dan mentaati aturan serta kebiasaan sekolah,” pungkas Harti.

Seperti diketahui, kegiatan MPLS di SMAN 1 Depok yang dilaksanakan secara virtual ini juga menghadirkan narasumber/pemateri dari luar sekolah, diantaranya Kepala Dinas Kesbangpol Kota Depok, Hakim Siregar dengan materi ‘Wawasan Kebangsaan dan Ideologi Pancasila’, Polrestro Depok, Iptu Sukasto dengan materi ‘Keluarga Sadar Hukum, Pendidikan Anti Korupsi, Anti Narkoba, dan Tata Tertib berlalu lintas’, Kepala Dinas DPAPMK Kota Depok, Nessi Annisa Handari dengan materi ‘Sekolah Ramah Anak (SRA)’, dan Puskesmas Depok Jaya, dr. Mohammqd Rizki dengan Materi ‘Sekolah Sehat dan Adaptasi Kebiasaan Baru di masa Pandemi Covid-19’.

Sedangkan narasumber/pemateri dari SMAN 1 Depok menghadirkan Usep Kasman dengan materi Kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi tentang Membangun Manusia Unggul Jawa Barat, Rosalinah dengan materi Pengenalan Lingkungan Sekolah (Profil Sekolah, Guru dan Karyawan Sekolah), Sri Mulyani dengan materi Penguatan Pendidikan Karakter (Tata krama, Kreatif, Sehat, Cerdas, dan Produktif, M. Nuraziz dengan materi Pendidikan Kepramukaan, Siti Rofingah dengan materi Pembelajaran Jarak Jauh dan Informasi Pembelajaran Tahun Pelajaran 2021/2022 dan Harti Kasidjah dengan materi Pengenalan kegiatan ekstrakulikuler.

Kemudian, kegiatan MPLS yang berlangsung secara virtual di SMAN 1 Depok dan dilaksanakan sejak tanggal, 19, 21, 22, 23, ditutup pada 24 Juli 2021 oleh Kepala SMAN 1 Depok Usep Kasman.

MAULANA SAID

Share.

About Author

Leave A Reply