Perayaan Hari Bhakti Adyhyaksa Kejaksaan Tinggi Jawa Timur Gelar Upacara Virtual

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, SURABAYA – Seluruh Kejaksaan se-Indonesia merayakan Hari Bhakti Adhyaksa. Begitupun dengan Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kejati Jatim).

Dalam perayaan kali ini, Jaksa Agung Republik Indonesia (RI), ST. Burhanuddin menuturkan, ada 7 perintah yang kudu dijalani setiap jaksa di seluruh wilayah di Indonesia, antara lain Perkuat Asas Dominus Litis Dalam Setiap Pembentukan Peraturan Perundangundangan; Sinergitaskan Peran Penuntutan Dan Penanganan Perkara Koneksitas Pada Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer; Jaga Marwah Institusi Dengan Bekerja Secara Cerdas, Integritas, Profesional, Dan Berhati Nurani; Dukung Penuh Kebijakan Pemerintah Dalam Penanggulangan Covid-19 Dan Pemulihan Ekonomi Nasional Sesuai Ketentuan; Gunakan Hati Nurani Dalam Setiap Pelaksanaan Tugas Dan Kewenangan; Ciptakan Karya-Karya Yang Inovatif Dan Terintegrasi Yang Dapat Meningkatkan Pelayanan Publik, hingga Wujudkan Kejaksaan Digital dalam Penyelenggaraan Manajemen Teknologi Informasi Dan Sistem Satu Data Kejaksaan.

Kepala Kejaksaan Tinggi Jatim, Mohamad Dofir mengamini 7 perintah Jaksa Agung RI. Dia lantas mengimbau seluruh satker di wilayah hukumnya untuk mematuhi serta melaksanakannya.

“Sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas kepada seluruh jajaran Keluarga Besar Adhyaksa dimanapun berada, 7 perintah harian dari Jaksa Agung RI tersebut untuk diperhatikan dan dilaksanakan dengan baik dan sungguh-sungguh,” kata Dofir usai kegiatan yang digelar secara daring, Kamis (22/7/2021).

Kajati Jatim menyebutkan, ada sejumlah pencapaian yang dilakukan dalam setahun terakhir.

Dengan sejumlah kasus yang masih ditangani. Hingga kini, Kejati Jatim memiliki 1.214 jaksa se-Jatim dari jumlah tersebut, terdiri dari 972 pegawai Kejari dan 242 dari Kejati Jatim.

Pencapaian yang dilakukan Kejati Jatim dalam setahun terakhir pun beragam.

Ada beberapa satker yang telah menjalankan tugas, pokok, dan fungsi (tupoksi) Adhyaksa.

Yang pertama, Diskrimti Kejati Jatim.
Dalam masa pandemi Covid-19, Diskrimti Kejati Jatim mendukung sejumlah kegiatan-kegiatan yang
bersifat online, mulai dari, rapat, sidang, sosialisasi, hingga seminar
secara online dalam kurun waktu masa PPKM Darurat Jawa Bali sedari 3 Juli s/d 20 Juli 2021. Untuk aplikasi CMS (pidum dan pidsus), Simkari Kepegawaian dan Sipede Persuratan saat ini berjalan dengan baik.

Selain itu, progress WBK-WBBM Kejati Jatim juga menginisiasi terbentuknya aplikasi Sistem Laporan Bulanan Kinerja Bidang Pembinaan (SiRajin). Sehingga, dalam penyusunan laporan bulanan satker wilayah se-Jatim menjadi lebih mudah.

Yang ke-2 adalah bagian Umum Kejati Jatim.

Kejaksaan Tinggi Jatim melalui perantara Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Surabaya, telah melakukan lelang di hadapan umum barang milik negara yang dihapuskan berdasarkan Surat Persetujuan Penjualan Barang Milik Negara Oleh KPKNL Surabaya. Nomor S-56/MK.6/WKN.10/KNL.01/2021 tanggal 22 Maret 2021, mulai dari 2 unit Kendaraan Dinas
dengan nilai limit Rp 60.013.000 dengan hasil Rp 80.834.666 dan disetorkan langsung ke kas negara.

Dalam pidana umum ini, ada puluhan ribu kasus pidana umum yang disidangkan. Total, ada 49.589 kasus pidana umum yang disidangkan dalam 1 tahun terakhir.

HARIFIN

Share.

About Author

Leave A Reply