Tanamkan Pesan Moral dan Kemuliaan Ahklak, SMAN 5 Pematangsiantar Rayakan Idul Adha 1442 H Dengan Menyembelih Hewan Qurban

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, PEMATANGSIANTAR –Perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M benar-benar dijadikan salah satu momentum oleh keluarga besar SMA Negeri 5 Kota Pematangsiantar untuk menumbuhkan  semangat berbagi sejak dini kepada siswa-siswinya juga masyarakat sekitar yang berhak mendapatkan.

Untuk itu, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pada Idul Adha 1442 H ini, keluarga besar SMA Negeri 5, Jalan Medan, Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara kembali melaksanakan pemotongan atau penyembelihan hewan Qurban.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya pihak sekolah untuk menanamkan pesan moral dan kemuliaan akhlak yang di taulandankan Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS sejak dini kepada seluruh pelajar, karena apa yang dicontohkan Nabi Ibrahim AS kepada anaknya Ismail AS tersebut, merupakan bukti bahwa Islam mengajarkan umatnya untuk menanamkan kemuliaan akhlak sejak dini.

Untuk Idul Adha 1442 H/2021 M ini  SMA Negeri 5 Pematangsiantar melakukan pemotongan Qurban 1 ekor lembu dan 2 ekor kambing yang dilaksanakan di halaman SMAN 5 Pematangsiantar. Jalan Medan kota Pematangsiantar, Rabu (21/7/2021) sekira jam 08.00 WIB dengan tetap menerapkan prokes Covid-19 yang sangat ketat.

Kepala SMA Negeri 5 Pematangsiantar Edwar Simarmata MSi mengatakan, Bahwa perayaan Idul Adha biasanya dilakukan setiap satu kali satu tahun, dalam berqurban dilakukan penyembelihan hewan qurban, ada banyak kegunaan yang utama dalam berqurban salah satunya membantu orang yang tidak mampu atau fakir miskin.

“Bukan hanya itu saja, selain itu kegiatan berqurban rutin kita laksanakan dengan tujuan mengikatkan tali persaudaraan dan silaturahmi antar sesama, dengan masyarakat sekitar, jadi hari raya Idul Adha ini menjadi moment buat untuk berqurban, semoga memberi manfaat bagi orang banyak, juga  berqurban menjadi kesempatan kita untuk menyucikan diri dan harta benda yang telah kita raih. Berkurban seperti membilas segala rezeki yang kita dapatkan dengan keiklasan”,ujar Edwar Simarmata.

Dalam kesempatan itu juga Ketua panitia Qurban SMAN 5 Pematangsiantar Tigor Parmono S.Pd,I yang didampingi wakil ketua Kurniawan SPd menerangkan, Bahwa untuk tahun ini SMAN 5 mengkurbankan 1 ekor lembu dan 2 ekor kambing yang nantinya daging Qurban akan dibagikan kepada guru, siswa yang tidak mampu, serta kepada masyarakat disekitar SMAN 5 Pematangsiantar yang berhak menerimanya.

“Berqurban tahun ini, kita saat ini dalam keadaan sehat waalafiat. Terlaksanakan berqurban pada SMAN 5 ini tujuannya untuk mengikat rasa persaudaraan kita disekolah ini. Kegiatan berqurban pada sekolah ini kita bukan hanya berbagi sesama muslim melainkan kita berbagi juga kepada siswa dan guru nonmuslim yang ada disekolah ini, semoga pandemi Covid-19 ini cepat berlalu itulah doa dan harapan kita”. Kata Tigor.

Kurniawan juga menambahkan, untuk perayaan Idul Adha pada tahun ini sangat berbeda dengan sebelum pandemi covid-19,karena sebelum pandemi perayaan idul adha meriah dan ramai, untuk tahun ini orangnya kita batasi karena dimasa covid-19, juga berharap ditahun depan semakin banyak yang berqurban di SMAN 5.tutur Kurniawan

Sementara sekretaris Novitha Ervina S.Si didampingi bendahara Idriyana SPd,juga mengatakan, “semoga kita dapat mengambil hikmah dari musibah yang dilimpahkan Allah SWT kepada kita, kemudian hikmah dari berqurban itu sendiri semoga dapat membuang sifat-sifat buruk kita. Semoga kita menjadi insan yang disayangi  Allah SWT menjadi hidayah kita.”.Kata Indriyana

Semoga kita cepat keluar dari pandemi Covid-19, semoga ditahun yang akan datang semakin banyak berqurban. “Kita juga mengucap syukur  bisa berbagi dengan siswa yang tidak mampu, serta masyarakat yang ada disekitar SMAN 5 ini,” Pungkasnya.

Toni Tambunan

Share.

About Author

Leave A Reply