Laut Bersih Bersama Pesona Sail Indonesia

Pinterest LinkedIn Tumblr +

 

RadarOnline.id, JAKARTA – Yayasan Pesona Sail Indonesia merupakan Yayasan yang dibentuk untuk membantu mempromosikan Investasi Pulau Pulau Kecil Pesisir Terluar dan Kekayaan Alam Wisata Bahari.

Sumber Daya Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil adalah sumber daya hayati, sumber daya nonhayati; sumber daya buatan, dan jasa-jasa lingkungan; sumber daya hayati meliputi ikan, terumbu karang, padang lamun, mangrove dan biota laut lain; sumber daya nonhayati meliputi pasir, air laut, mineral dasar laut; sumber daya buatan meliputi infrastruktur laut yang terkait dengan kelautan dan perikanan, dan jasa-jasa lingkungan berupa keindahan alam, permukaan dasar laut tempat instalasi bawah air yang terkait dengan kelautan dan perikanan serta energi gelombang laut yang terdapat di Wilayah Pesisir.

Selain pulau-pulau yang indah, iklim tropis yang dimiliki Indonesia juga menjadikan Indonesia menjadi tujuan wisata yang utama. Waktu terbaik untuk berwisata ke Indonesia adalah saat musim panas yang berlangsung mulai bulan April hingga Oktober. Bulan Maret dan November merupakan pergantian musim.

Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Indonesia yang jumlahnya puluhan ribu memiliki nilai yang luar biasa sehingga pengelolaannya perlu diatur dan olah secara baik dan professional sehingga dapat menjadikan beberapa pulau sebagai destinasi wisata.

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau, di mana hanya sekitar 7.000 pulau yang berpenghuni. Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Sumatra dan Papua merupakan pulau utama di Indonesia.

Selain itu, Indonesia juga memiliki pulau-pulau kecil seperti Bali, Karimunjawa, Gili dan Lombok yang merupakan tujuan wisata lokal maupun internasional. Ibukota negara Indonesia adalah Jakarta, yang terletak di Pulau Jawa.

Sebagai Founder Sail Indonesia dan Pembina dari Yayasan Pesona Sail Indonesia dengan Motto CLEAN OUR SEAS with Pesona Indonesia, Dr Aji Sularso mengharapkan kegiatan ini dibarengi dengan kegiatan #Bersih2 Laut# sehingga dapat menumbuh kembangkan kecintaan terhadap Alam Indonesia dan kecintaan terhadap pariwisata bahari yang akan berdampak positif terhadap perputaran ekonomi di Indonesia.

Rossa panggilan akrab dari Rosariyanti Syam berharap kegiatan ini dapat dimulai akhir tahun 2021 dan mengikuti Calender of events 2022 serta dapat berjalan sebagaimana mustinya dengan mengikuti prosedur Kesehatan dan sesuai dengan Peraturan Pemerintah terkait Pencegahan Penularan Covid 19.

Yayasan Pesona Sail Indonesia hadir untuk membantu mempromosikan Pulau Pulau Kecil Pesisir dan Terluar serta membantu mempromosikan Produk Industri Perikanan.

Menurut Rosariyanti Syam sebagai Ketua Yayasan Pesona Sail Indonesia kegiatan ini diharapkan dapat membantu dan memicu pertumbuhan Ekonomi, sehingga dapat terjadi transaksi ekonomi dan dapat membantu mensejahterakan masyarakat pesisir.

Pada kegiatan Pameran Investasi Pulau-pulau Kecil Pesisir terluar dan Bahari Expo juga akan dimeriahkan dengan kegiatan Atraksi Water Sport, seperti Lomba Mancing, Lomba Perahu Layar, Lomba Fotography dalam laut , Lomba Kite Surving dan beberapa.

Kegiatan watersport lainnya demikian diungkapkan oleh Humpry sehingga kegiatan ini menjadi unik dan berbeda dan dapat menarik wisatawan dalam dan luar negeri untuk dapat berkunjung ke Indonesia. Hal ini bertujuan agar dapat memicu masuknya investor Lokal maupun International kebeberapa daerah agar pulau pulau kecil dan pesisir dapat dikelola dengan baik dan Profesional, sehingga lokasi tersebut dapat dijadikan Cottage, Hotel, Boutiqe Mall, pembangunan Port, dll sehingga pulau tersebut dapat menjadi destinasi wisata baik nasional dan Internasional.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu sektor perdagangan khususnya di bidang industri perikanan dan  wisata Bahari serta membantu pelaku UMKM yang menjual produk produk kelautan.

Semoga kegiatan ini dapat berjalan dan mendapat dukungan dari berbagai pihak , baik dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. (Red)

Share.

About Author

Leave A Reply