Persiapan PTM, Disdik Pematangsiantar Bersama Dinas Kesehatan Gelar Vaksinasi Massal

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, PEMATANGSIANTAR – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pematangsiantar bekerja sama dengan dinas Kesehatan melaksanakan Vaksinasi massal  tahap II (dua) termin ke- V (lima) kepada guru atau pendidik dan tenaga pendidikan, Kamis (10/6/2021).

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pematangsiantar Plt. Rosmayana Marpaung Spd.MM mengatakan, Bahwa sebanyak 2390 orang akan diberikan vaksin yang terdiri dari tingkat PAUD TK SD, SMP, SMA dan  SMK serta SDLB.

Program vaksinasi bagi guru dan tenaga pendidik (tendik) itu tidak lain sebagai tindak lanjut Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri, dimana upaya masif pemberian vaksinasi tersebut tidak lain demi menambah imunitas tubuh guru dan tendik.

“Terutama menciptakan kekebalan kelompok terhadap virus Covid-19 dalam menyambut Pembelajaran Tatap Muka (PTM) nanti,”ucapnya, ketika sedang memantau pemberian vaksin pada guru dan tendik di SMP Negeri 2 Pematangsiantar.

“PTM dapat dilaksanakan apabila pemerintah daerah sudah memberikan izin dan satuan pendidikan memenuhi syarat berjenjangnya dan pembelajaran tatap muka terbatas dgn menjalankan protokol kesehatan secara ketat,” ujar Rosmayana.

Rosmayana juga menuturkan, selain pemberian vaksinasi masal ini adalah sebagai persiapan PTM tahun ajaran 2021/2022, Kementrian Pendidikan , Kebudayaan, Riset dan Teknologi juga telah menyusun dan menerbitkan panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi COVID-19 ini untuk  membantu guru dan satuan pendidikan dalam merancang, melaksanakan, memandu dan mengembangkan pembelajaran yang efektif.

Masih kata Rosmayana, kegiatan ini merupakan lanjutan dari vaksinasi sebelumnya dimana  sudah pernah laksanakan kepada 1900 guru dan tendik. Vaksin masal ini di laksanakan pada 4 lokasi, yaitu SMP Negeri 1, SMP Negeri 2, SMP Negeri 8 dan Perguruan Sultan Agung.

“Pemberian vaksin ini di targetkan seluruh tenaga Pendidik dan kependidikan di kota Pematangsiantar akan selesai tervaksin seluruhnya . Kita berdoa pemberian vaksin hari ini  akan berjalan lancar tanpa kendala satu apapun,”pungkasnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar dr Ronald Saragih mengatakan vaksinasi Covid-19 para guru dan tenaga pendidik tidak mengalami hambatan. Capaian vaksinasi untuk para guru juga akan terus dilaksanakan sejalan dengan akan dimulainya pembelajaran tatap muka di sekolah.

“Vaksin yang digunakan hari ini adalah Vaksin Sinovac. Vaksinasi hari ini menyasar hanya pada guru dan tenaga pendidik saja. Kemudian menunggu 28 hari berikutnya untuk mendapat suntikan kedua,”  jelas dr Ronald Saragih.   (Toni Tambunan)

Share.

About Author

Leave A Reply