HOT

Diduga Kongkalikong, AJB Tahun 2016 Tidak Bayar BPHTB

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KOTA TANGERANG – Diduga sarat dengan permainan atau kongkalikong Akta Jual Beli (AJB) Nomor 11 Tahun 2016 atas nama Nyit Kong Sudimanto yang dikeluarkan oleh Faridah, S.H., MKn selaku Notaris di Kota Tangerang diduga tidak membayar Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Padahal sesuai dengan Ketentuan Undang – Undang Nomor 18 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi, Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2016 tentang Pajak Penghasilan atas penghasilan Hak atas Tanah dan Bangunan seharusnya dengan penandatanganan Akta Jual Beli nomor 11 Tahun 2016 BPHTB (pajak pembeli) dan PPh (pajak penjual) semestinya sudah harus disetorkan ke Negara.

Informasi yang diperoleh RadarOnline.id, BPHTB yang seharusnya harus dibayarkan dengan adanya Akta Jual Beli Nomor 11 Tahun 2016 yaitu sebesar Rp. 2.652.523.920. Ini berdasarkan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yaitu Rp. 4.134.720 permeter dengan luas Tanah 12.845 meter.

Anehnya lagi, berdasarkan Akta Jual Beli yang belum membayar BPHTB tersebut Nyit Kong Sudimanto mendapatkan ganti kerugian pengadaan Tanah ruas jalan Tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran sebesar Rp. 18.400.503.000, Tanpa terlebih dahulu menyelesaikan kewajibanya yaitu menyetorkan BPHTB.

Ketika hal ini di konfirmasi oleh awak media RadarOnline.id kepada Faridah selaku Notaris yang membuat Akta Jual Beli Nomor 11 Tahun 2016 melalui chat WhatsApp, Faridah menyampaikan, “Kalau kasus diatas itu bisa di konfirmasi langusung ke Polres Metro Tangerang pak, Itu tidak terbukti dan saya tidak pernah menerima apapun dari para pihak, justru saya mau lapor balik karena menuduh tanpa bukti, Silhakan konfirmasi ke kanit nya langusung pak, ujar Faridah melalui pesan WhatsApp ponselnya beberapa waktu lalu.

Untuk diketahui, adapun arahan Notaris Faridah yang menyarankan untuk konfirmasi langsung ke Kanit Polres Metro Tangerang, berdasarkan informasi yang diperoleh Radaronline.id permasalahan Akta Jual Beli nomor 11 Tahun 2016 yang dibuat oleh Faridah selaku Notaris, yang belum membayar pajak BPHTB samapai dengan saat ini sudah resmi dilaporkan di Polres Metro Tangerang Kota.

RODI B.S

Share.

About Author

Leave A Reply