Cabdis Pendidikan Siantar Gelar Simulasi PTM di Dua Sekolah

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, SIANTAR – Cabang Dinas (Cabdis) Pendidikan Siantar gelar simulasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di dua sekolah Senin (19/4/2021) .

Simulasi yang di mulai dari pukul 07.00 WIB, adapun dua sekolah yang menggelar simulasi hari ini adalah SMAN 4 dan SMA Swasta Budi Mulia Pematangsiantar.

Selama satu tahun siswa-siswi melakukan pembelajaran jarak jauh atau dalam jaringan (daring), ketika dalam melakukan belajar daring banyak kesulitan-kesulitan yang dihadapi antara guru dengan siswa dan sebaliknya.

Untuk mengatasi hal tersebut Cabdis Siantar melakukan Uji coba atau Simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) didua sekolah yaitu SMAN 4 dan SMAS Budi Mulia dikota Pematangsiantar diselenggarakan mulai Senin tanggal 19 April sampai tanggal 24 April 2021.

Amatan awak media, dilapangan hari pertama, pada jam 07.00 wib para peserta didik (siswa-siswi) berdatangan memasuki lingkungan sekolah dengan semangat. Dari amatan dilapangan digerbang sekolah siswa-siswi sudah ditunggu dan langsung disambut sejumlah guru beserta tim penyelenggara PTM dan langsung melakukan cek suhu tubuh dan cuci tangan.

Kacabdisdik Siantar James Andohar Siahaan S.STP ketika diwawancarai menyampaikan kegiatan kita pada hari ini kegiatan simulasi Pembelajaran tatap muka langsung untuk cabdis Siantar, dimana kegiatan ini kita mulai jam 07.30 wib. Dalam simulasi PTM yang kita selenggarakan yakni 2 sekolah yakni SMAN 4 dan SMAS Budi Mulia kota Pematangsiantar.

Dalam kegiatan ini, kita telah bergabung dengan gugus tugas penanganan Covid-19, Polres Pematangsiantar, tim dari pemko Siantar, dinas perhubungan, Perwakilan orangtua, komite serta tim kesehatan dari Puskesmas yang terdekat terlibat dalam simulasi PTM .

Kegiatan simulasi PTM ini kita lakukan dengan proses yang ketat, karena persyaratannya banyak untuk melakukan tatap muka. Anak-anak mulai dari gerbang sekolah kita selalu pantau dan kita pastikan tidak ada kesempatan berkerumun, serta kita melakukan cek kesehatan dan kita pastikan sudah maksimal anak-anak sudah masuk berada dalam ruangan.

James berharap beberapa hari kedepan, Sekolah ini bisa mematuhi ketentuan-ketentuan dari Gubernur Sumut melalui Disdik Provsu, ini sudah melalui tahapan panjang serta persiapan yang cukup matang. Penyelenggara simulasi PTM sampai anak-anak pulang dari sekolah tim akan tetap melakukan pengawasan dengan harapan dan memastikan tidak ada nantinya muncul klaster-klaster baru covid-19 sehingga PTM bisa berjalan.

Per kelas jumlah siswa sebanyak 18 orang, dan kegiatan PTM disekolah berlangsung sampai jam 12.00 wib. Jadi kegiatan belajar masih berlaku belajar PTM 50% dan  belajar daring 50% Ujar James.

Hal senada juga dikatakan, kepala SMAN 4 Pematangsianatar Rudol B Manurung MPd pihaknya akan terus memantau dan mengevaluasi berjalannya simulasi pembelajaran tatap muka (SPTM). Apabila jikalau ada nantinya ditemukan hal-hal yang fatal dalam pelaksanaan PTM, maka kegiatan langsung dihentikan.

“Kalau ada nantinya ditemukan kekurangan maupun kendala dalam pelaksanaan akan kita perbaiki, dan terjadi hal yang fatal maka simulasi ini akan kita hentikan,” tutupnya. (Toni)

Share.

About Author

Leave A Reply