Wabup Bondowoso Tinjau Desa Cinta Statistik

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, BONDOWOSO – Wakil Bupati Bondowoso H Irwan Bachtiar Rahmat, S.E, M.Si. menghadiri pengukuhan sekaligus melakukan peninjauan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) di Desa Penambangan, Kecamatan Curahdami, Senin (12/4/2021).

Desa Penambangan merupakan satu-satunya Desa di Bondowoso yang masuk kategori sadar statistik. Desa itu masuk dalam 6 Desa se Jawa Timur, yang masuk dalam 100 Desa di Indonesia.

Wabup mengatakan, Desa Statistik merupakan program nasional dalam membangun satu data, yang mana dalam suatu proses pembangunan betul-betul berbasis masyarakat.

” Kami berkeinginan membangun data atau biasa disebut one data system. Proses perencanaan pembangun berbasis masyarakat. Apa yang dibutuhkan masyarakat berdasarkan data,” katanya.

Irwan menambahkan, nantinya akan dilakukan edukasi BPS untuk setiap Desa. Agar bisa mengumpulkan, menganalisis dan mengkalkulasi data.

“Bukan hanya Penambangan, Desa lain juga harus cinta statistik, karena ini merupakan kebutuhan kita utamanya di Kabupaten Bondowoso,” ujarnya.

Kepala Desa Penambangan Martha Prihastini menyebut, Desa Penambangan ditunjuk satu-satunya Desa di Bondowoso sebagai desa sadar statistik. Hal tersebut hasil beberapa inovasi Pemerintah Desa Penambangan.

“Kami membangun tiang pintar yang mana fungsinya untuk keamanan dilengkapi surya panel, cctv dan tombol emergency lalu letaknya disudut desa yang rawan,” terangnya.

Martha menambahkan, Desa penambangan juga sudah membuat sudut baca berupa perpustakaan mini dan juga membuat sistem dengan aplikasi pintar agar warga semakin dimudahkan mengakses informasi desa.

“Aplikasi ini ada beberapa layanan, seperti layanan pengaduan, unduh surat, perpustakaan online, E-surat, semuanya agar memudahkan warga,” jelasmya.

SUGIANTO

Share.

About Author

Leave A Reply