Babinsa Koramil 02/Curug Bersama PLN Pangkas Ranting Pohon

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, TIGARAKSA – Guna mengantisipasi korsleting listrik, Babinsa Koramil 02/Curug bersama petugas PLN melaksanakan kerja bakti permbersihan jalan dan memangkasan ranting pohon yang menghalangi jaringan listrik. pembersihan ranting pohon di jalan raya Curug Kabupaten Tangerang, Selasa (13/4/2021).

Dandim 0510/Trs Letkol Inf Bangun I E Siregar melalui Danramil 02 Curug Kapten Arh Mulyono menjelaskan, pembersihan dan pemangkasan dahan pohon yang menghalangi kabel listrik memang harus dilakukan, karena sangat berbahaya bagi pengguna jalan apabila ranting pohon menyentuh dan merusak kabel listrik. Sehingga akan mengakibatkan korsleting listrik, lagipula saat ini dengan cuaca hujan disertai angin kencang.

“Ranting pohon bisa menjadi salah satu penyebab padamnya aliran listrik yang paling dominan adalah karena gangguan pohon. Gangguan ini seringkali tidak dapat diprediksi kapan waktunya, dan pemulihannya pun membutuhkan waktu yang tidak sedikit, karena petugas harus menelusuri sepanjang jaringan,” kata Danramil.

Untuk menghindari korsleting listrik kata Danramil, dilakukan pemangkasan pohon yang berada di dekat jaringan listrik milik PLN. Tujuan dari pemangkasan pohon tidak hanya untuk menjaga keamanan pasokan listrik, namun juga menjaga keselamatan masyarakat dan lingkungan disekitar jaringan listrik.

Sementara, petugas PLN mengungkapkan, posisi aman jarak Jaringan Tegangan Menengah (JTM) dengan pepohonan atau bangunan di bawahnya adalah kurang lebih 3 meter.

“Hal ini dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri ESDM No 18 Tahun 2015, Right Of Way (ROW) atau ruang bebas adalah ruang yang dibatasi oleh bidang vertikal dan horizontal di sekeliling dan di sepanjang konduktor SUTT, SUTET, atau SUTTAS. Dimana tidak boleh ada benda di dalamnya demi keselamatan manusia,” jelasnya.

Sumber : Kodim 0510/Trs.

Share.

About Author

Leave A Reply