Siapkan Anak Didik Terjun ke DU/DI, SMKN 3 Pematangsiantar Gelar UKK

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, SIANTAR – Siapkan anak didik untuk terjun ke Dunia Usaha dan dunia Industri (DU/DI) siap Kerja SMKN 3 Pematangsiantar gelar Uji Kompotensi Keahlian (UKK) Mandiri Tahun Akademik 2020/2021, Kamis (8/4/2021)

Pelaksanaan UKK yang di ikuti 547 peserta didik SMKN 3 Pematangsiantar kelas XII ini di ikuti siswa dari lima jurusan yakni Tata Busana, Kecantikan, Perhotelan, Tata Boga dan Rekayasa Perangkat Lunak(RPL/TKJ). Sewaktu mengikuti UKK peserta didik diwajibkan memakai prokes

Permendikbud No. 34 tahun 2018 tentang standard nasional pendidikan pada SMK, untuk mengetahui kemampuan peserta didik maka dilakukan penilaian hasil belajar atau UKK dengan tujuan untuk mengetahui tingkat capaian hasil belajar atau kopetensi peserta didik.

Bukan hanya itu, dari hasil UKK guna mengetahui pertumbuhan dan perkembangan peserta didik, mendiagnosis kesulitan belajar peserta didik, serta mengetahui efektivitas proses pembelajaran dan mengetahui pencapaian kurikulum.

Nurmaulita Spd. M.Si selaku Kepala Sekolah SMKN 3 Pematangsiantar di ruang kerjanya mengatakan, Uji Kompotensi Keahlian adalah bagian dari intervensi pemerintah dalam mejamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

“Adapun tujuan dari UKK ini adalah untuk mengukur pencapaian kompotensi anak didik pada level tertentu, sesuai keahlian yang ditempuh anak didik selama pembelajaran di SMK,” ujarnya.

Proses UKK di SMKN 3 Pematangsiantar di selenggarakan sekolah bersama dunia usaha dan dunia industri dan dunia kerja (Dudika), yang mana pihak sekolah menggandeng lembaga-lembaga yang menjadi tim penilai dan tempat para anak didik bekerja usai tamat dari sekolah ini.

“Kita mendatangkan tim penilai dari pihak external dari DUDIKA seperti dari Salon lalolo,Hotel Niagara, Horizon, Murni Sadar, dan vira fhasion” ujarnya.

Juga UKK  ini harus ada penyelarasan kurikulum industri dengan standrat Industri Dunia Usaha dan Kerja ( IDUKA). kalaupun tidak terlampau mirip, jadi kita usahakan untuk mendekati.

“Jadi UKK ini sangat penting sekali bagi anak didik, agar nantinya setelah tamat dari SMK ini dan memegang sertifikat  bisa langsung terjun ke dunia usaha dan siap di pakai di dunia kerja,” ungkapnya.

Nurmaulita juga berharap, agar kelak nantinya anak didik SMKN 3 Pematangsiantar yang sudah tamat dan menerima sertifikat bisa langsung di terima di dunia usaha, industri dan dunia kerja.

“Kendati demikian, UKK yang di laksanakan di SMKN 3 ini tetap di laksanakan dengan extra hati-hati karena situasi saat ini pandemi Covid-19 jadi kita tetap mematuhi protokol kesehatan Covid -19,” tutupnya.

Penulis : Tony T

Share.

About Author

Leave A Reply