Harapkan Peningkatan Kualitas SDM, Bondowoso Programkan Gerakan Literasi Daerah

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id,BONDOWOSO – Pemerintah daerah Kabupaten Bondowoso mencanangkan program Gerakan Literasi Daerah (Gelinda). Pecananagan program dibuka langsung oleh Bupati Bondowoso, Drs. KH. Salwa Arifin di Pendapa, Kamis (8/4/2021).

Dalam pemaparannya, Bupati berharap Gelida menjadi gebrakan baru agar masyarakat gemar membaca. Sekaligus mengubah kebiasaan lama yang menganggap membaca sesuatu yang tidak dibutuhkan.

” Semoga dengan Gelida ini ada pemahaman baru bagi masyarakat dalam memperkuat literasi,utamanya dengan membaca,” kata Bupati.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Bondowoso Alun Taufana mengatakan, banyak peraturan seperti Peraturan Bupati, maupun Peraturan Daerah yang mengatur tentang gerakan literasi dan membaca. Namun, sesuai data Kemendikbud Indek minat baca siswa Jatim masih menduduki ranking 26 dari 34 provinsi Se-Indonesia.

“Hal inilah yang mendorong Pemerintah Bondowoso mencanangkan gerakan literasi daerah,” ujar Alun.

Alun menambahkan, maksud dan tujuan kegiatan adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi masyarakat. Dengan meningkatnya kemampuan literasi, diharapkan meningkat pula sumber daya Manusia Bondowoso.

SUGIANTO

Share.

About Author

Leave A Reply