Pelestarian Populasi Ikan di Saluran Irigasi Beji Wates

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KULON PROGO –  Sebagai upaya pelestarian populasi ikan, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi DIY dan Kabupaten Kulon Progo bersama PPL Perikanan Kapanewon Pengasih menggandeng Kelompok Masyarakat Bejo Ngrumat Kali dan Karang Taruna Rela Bakti Kelurahan Wates, melaksanakan giat pelepasan benih ikan di saluran irigasi Pedukuhan Beji, Kelurahan Wates, Kapanewon Wates, Selasa (6/4/2021).

Disampaikan Babinsa Wates Koramil 01/Wates Kodim 0731/Kulon Progo Sertu Ariyanto bahwa saluran irigasi disepanjang wilayah Beji, airnya tidak pernah kering, karena merupakan rangkaian saluran irigasi Kalibawang yang digunakan untuk mensuplai kebutuhan air area persawahan wilayah selatan bagian barat Kabupaten Kulon Progo.

Benih ikan yang dilepas merupakan bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi DIY, sejumlah 9000 ekor yang terdiri dari benih ikan Tawes 4000 ekor, Nilem 2500 ekor dan Wader Pari 2500 ekor, bertujuan untuk menjaga kelestarian populasi ikan yang ada di saluran irigasi Beji. Dengan ditaburnya ribuan benih ikan tersebut diharapkan dapat melestarikan populasi ikan di saluran irigasi tersebut dan dapat bermanfaat bagi warga masyarakat dalam meningkatkan gizi keluarga.

Kepada Pokmas Bejo Ngrumat Kali, Karang Taruna Rela Bakti dan masyarakat Pedukuhan Beji, Kelurahan Wates, agar selalu melaksanakan pemantauan dan pengawasan, jangan sampai ada pihak-pihak yang melakukan penangkapan ikan dengan cara-cara liar yang dapat mengakibatkan punahnya populasi ikan di saluran irigasi tersebut, pesan Babinsa Wates.

Sumber : Pendim 0731/KP.

Share.

About Author

Leave A Reply