Tender Pengadaan Barang Di DBMSDA Kabupaten Tangerang, Diskriminatif

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, TANGERANG  –  Pengadaan Barang/Jasa di Dinas Binamarga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang terkesan protektif terhadap masuknya peserta tender luar daerah. Kelompok Kerja Pemilihan V (Pokja V) Bagian Pengadaan Barang/Jasa diduga dengan sengaja menambahkan persyaratan ‘diskriminatif’ pada Dokumen Pemilihan untuk menyulitkan peserta tender luar daerah, sekaligus mengamankan peserta lokal yang notabene ‘telah diplot’ sebagai pemenang tender.

Persyaratan diskriminatif itu adalah “wajib menyampaikan surat pernyataan sanggup membuat NPWP Kabupaten Tangerang”. Kausul tersebut ditambahkan pada Dokumen Pemilihan, BAB III, Instruksi Kepada Peserta, Angka 30.12 huruf e yang bunyi aslinya adalah “Memiliki NPWP dan telah memenuhi kewajiban pelaporan perpajakan (SPT Tahunan)”.

Tambahan persyaratan khusus kepada peserta tender luar daerah itu terbukti “ampuh” menghempaskan peserta tender luar daerah. Hal itu terjadi pada tender paket (1) “Peningkatan Jalan Kawedaran Badak – Anom”; (2) “Lanjutan Peningkatan Jalan Kantor Pos – Pasar Gudang”; (3) “Peningkatan Jl. Jatigintung – Cituis – Sukadiri (STA Akhir)”; (4) “Lanjutan Peningkatan Sungai Cimaneuh”; (5) “Pembangunan DI Rajeg II”; (6) “Pembangunan DI Sukadiri II”; (7) “Pembangunan DI Rajeg I” dan (8) “Pembangunan DI Sukadiri I” serta sejumlah paket lainnya. Pada paket-paket tersebut peserta tender luar daerah gugur dengan alasan “Tidak melengkapi persyaratan sesuai Dokumen Pemilihan, BAB III, Instruksi Kepada Peserta, Angka 30.12 huruf e”.

Hingga berita ini dilansir, pihak DBMSDA Kabupaten Tangerang maupun Pokja Pemilihan V tidak dapat ditemui untuk dikonfirmasi.

“Pokja kan di basecamp pak. Gak bisa ditemui itu. Kalau pak Kadis dan Kabid-kabid, belum lihat saya dari pagi,” kata seorang pegawai DBMSDA, Senin (5/4/2021).

JUARA SIMANJUNTAK

Share.

About Author

Leave A Reply