Capaian RPJMD Dinilai Turun Lantaran Pandemi

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, BONDOWOSO – Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan daerah (BAPPEDA) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur,  Farida menyampaikan capaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kembali menurun, setelah sebelumnya pada tahun 2019 mengalami kenaikan sekira 50 persen. Hal itu dipicu oleh pandemi covid – 19.

” Pada tahun 2019 kemarin capaian sudah bagus, hampir 50 persen keatas. Cuman, 2020 kemarin ada pandemi, semuanya turun kembali,” kata Farida usai mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Pendapa, Selasa (30/3/2021).

Menurut Farida, pada tahun ini semua perencanaan dilakukan revisi. Untuk kembali menaikkan angka capaian perencanaan, setelah mengalami penurunan.

“Kita kembali membangun dari bawah. Sehingga pada tahun ini ada revisi RPJMD,” ujarnya.

Pemerintahan Kabupaten merencanakan 5 upaya untuk melakukan pemulihan ekonomi, dampak dari pademi. Hal itu dikatakan oleh Bupati Bondowoso Salwa Arifin saat memberikan pemaparan di acara musrenbang itu.

Ke 5 upaya tersebut diantaranya, Meningkatkan pelayanan publik dan perlindungan masyarakat, Mendorong kemandirian ekonomi, Meningkatkan kualitas lingkungan pemukiman yang sehat, Meningkatkan keberdayaan masyarakat dan Meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan serta kesehatan.

SHODIQ

Share.

About Author

Leave A Reply