Musrenbang Kabupaten Bondowoso Dilaksanakan Secara Virtual

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, BONDOWOSO – Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) secara virtual. Kegiatan bertempat di Aula Pendapa Bupati Bondowoso, Jawa Timur, Selasa (30/3/2021).

Bupati Bondowoso Salwa Arifin menerangkan, kegiatan Musrenbang dilaksanakan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kabupaten Bondowoso Tahun 2022. Tema kegiatan peningkatan inovasi sistem pemerintahan berbasis teknologi informasi, mendorong kemandirian dan percepatan dan pemulihan ekonomi.

” Musrenbang hari ini merupakan sebagai bagian dari tahapan penyelenggaraan pembangunan daerah. Diawali dari tingkat Desa, Kecamatan, hingga forum perangkat daerah, ” kata Bupati dalam sambutannya.

Menurut Bupati Salwa Arifin, Musrenbang akan menjadi rujukan dalam perencanaan penganggaran APBD tahun 2022. Kegiatan itu didasarkan pada visi misi, yang tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) nomor 1 tahun 2019 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bondowoso 2018 – 2023.

“Perencanaan didasarkan pada visi misi yang tertuang dalam perda. Yaitu terwujudnya Bondowoso mandiri ekonomi, lestari, sejahtera adil dan terdepan dalam bingkai iman dan taqwa,” terangnya.

Ditempat yang sama, Kepala Bappeda Bondowoso, Dra. Farida menyampaikan Pertumbuhan ekonomi Bondowoso mengalami kontraksi (-1,36%), meskipun relatif lebih baik dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional (-2,07%) dan Jawa timur (-2,39%). Adapun tingkat kemiskinan mengalami peningkatan (menjadi 14,17%) dan tingkat pengangguran terbuka juga mengalami peningkatan (menjadi 4,13%), sedangkan distribusi pendapatan relatif merata dan indeks pembangunan manusia meningkat (menjadi 66,43%).

Farida menambahkan, upaya mencapai target tersebut Pemerintah Bondowoso memprioritaskan pembangunan dibeberapa sektor. Diantaranya, meningkatkan pelayan publik dan perlindungan masyarakat, kemandirian ekonomi, meningkatkan kualitas lingkungan sehat, pemberdayaan masyarakat dalam penanggulangan kemiskinan. Selain itu, meningkatkan pelayanan pendidikan dan kesehatan.

SUGIANTO

Share.

About Author

Leave A Reply