Sinergitas Satgas TNI Yonif 756/WMS dan Dinkes Kab Mimika dalam Pelayanan Dukungan Kesehatan Bagi Warga Kampung Opitawak

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, TIMIKA – Satgas Pamrahwan Yonif 756/WMS terus memberikan pelayanan Kesehatan pada Masyarakat disekitar pos yang ditempati.

Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika, Satgas Pamrahwan Yonif 756/WMS pos Banti yang berada di bawah Komando Pelaksana Operasi Korem 174/ATW kembali menggelar pengobatan keliling pada masyarakat Kampung Opitawak Blok A,B dan C di Distrik Tembagapura Kabupaten Mimika, Sabtu (27/3/2021).

Disampaikan Dansatgas Pamrahwan Yonif 756/WMS Mayor Inf Marolop Edison Bala Hutapea bahwa, penyelenggaraan Bakti Sosial ini merupakan wujud nyata Kontribusi kami Satgas TNI Yonif 756/WMS yang bersinergi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika dalam memberikan layanan Kesehatan bagi masyarakat Papua di Kampung Opitawak yang berada di Wilayah terpencil yang secara Fasilitas masih kurang dan minim.

“Bakti Sosial Pelayanan Kesehatan ini kami adakan sebagai bentuk rasa peduli kami pada Kesehatan Masyarakat Kampung Opitawak yang berada di Wilayah terpencil dan fasilitas kesehatan yang ada masih sangat terbatas. Hal tersebut karena mereka baru saja kembali dari pengungsian di Timika selama kurang lebih sekitar sepuluh bulan guna menghindari Kekejaman dan aksi Teror yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB)”, tegaa Dansatgas.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Puskesmas Banti yang merupakan satu-satunya tempat pelayanan Kesehatan bagi Masyarakat Banti dan sekitarnya termasuk Kampung Opitawak telah dibakar habis oleh KKSB pada Maret 2018 yang lalu, sehingga warga yang selama ini mengandalkan Puskesmas tersebut, sudah tidak bisa lagi menggunakan Fasilitas itu.

” Sejak KKSB membakar Puskesmas di Banti, Masyarakat Banti, Opitawak dan beberapa Kampung di sekitarnya yang selama ini mengandalkan Puskesmas tersebut, tidak bisa lagi berobat di tempat itu. Menyikapi kondisi tersebut, Pos kami di Banti telah beberapa kali berupaya mengatasi persoalan dimaksud dengan melakukan pengobatan keliling pada masyarakat. Untuk kali ini Pos Banti bekerjasama dengan Dinkes Kabupaten Mimika bersinergi melakukan pelayanan Kesehatan pada Masyarakat Kampung Opitawak yang berada di Blok A,B dan C. Karena pasca kembalinya mereka dari pengungsian, pelayanan kesehatan yang mereka terima belum berjalan secara Normal seperti biasanya dikarenakan tenaga maupun fasilitas kesehatan belum beroperasi dengan Optimal “, ungkap Mayor Hutapea.

Lanjutnya, “Kami berharap semoga kegiatan yang sifatnya membantu meringankan beban masyarakat seperti ini bisa bermanfaat bagi mereka. Baik itu masyarakat Kampung Opitawak maupun masyarakat di tempat lain, sehingga keberadaan personel Satgas kami disetiap posnya mempunyai arti dan bermakna bagi mereka yang berada di sekitarnya, dan semoga hubungan baik ini dapat terus dijaga guna Keamanan dan Kenyamanan bersama”, pungkas Mayor Marolop.

Lettu Inf Sony Teguh Bahtiar Danki SSK ll Satgas Pamrahwan Yonif 756/WMS yang berkedudukan di Banti dan yang sekaligus memimpin kegiatan Patroli keamanan dilanjutkan Anjangsana dan Bakti Sosial pada Masyarakat Kampung Opitawak mengatakan,
“Dalam pelaksanaan kegiatan kali ini, kami bekerjasama dengan Dinkes Kabupaten Mimika untuk memberikan pengobatan pada Masyarakat Kampung Opitawak Blok A,B dan C. Tujuanya agar masalah kesehatan mereka dapat teratasi dengan kehadiran kami di sana”, ungkap Lettu Sony.

Salah seorang warga Nemanus Omabak mengucapkan Terima kasih pada TNI satgas Yonif 756/WMS dan Dinkes Kabupaten Mimika yang sudah datang ke Kampung mereka, dan mengobati yang sakit.

“Dengan adanya bapak-bapak di sini, kami sekarang merasa lebih aman. Kami berharap agar bapak-bapak TNI dari pos Banti bisa terus melakukan patroli di sekitar daerah kami untuk menjaga dan memberikan rasa aman bagi kami. Karena sampai saat ini kami masih merasa Trauma bila mengingat kekejaman dan aksi Teror yang dilakukan oleh KKSB pada kami”, harap Nemanus Omabak.

Sumber : Pensatgas756

Share.

About Author

Leave A Reply