Pelaksanaan Proyek DPUPR Kota Tangerang Diduga Bermasalah

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, TANGERANG  –    Kontraktor pelaksana kegiatan proyek jalan di Kota Tangerang tahun 2021 diduga menyalahi aturan atau setidaknya tidak sesuai prosedur. Diduga ada proyek yang sudah dilaksanakan meski belum ada kontrak maupun SPMK (Surat Perintah Mulai Kerja). Dugaan adanya proyek yang dilaksanakan tanpa kontrak dan SPMK itu diperoleh dari seorang pemerhati pembangunan di Tangerang, Kamis (25/03).

Sumber yang meminta agar namanya tidak dipublikasikan itu menyebutkan proyek yang diduga ‘curi start’ itu adalah proyek “Peningkatan Jalan Imam Bonjol (Lingkar Palem)” yang dilaksanakan oleh Fulka Jaya Konstruksi senilai Rp 6.020.083.752,00 dan “Peningkatan Jalan Pembangunan 3” yang dilaksanakan oleh PT. Ininnawa Presisi Konstruksi senilai Rp 5.959.321.164,00. Proyek jalan Imam Bonjol menurutnya telah mulai dikerjakan tanggal 4 Maret 2021, sedangkan proyek jalan Pembangunan 3 telah mulai dikerjakan tanggal 27 Februari 2021.
“Jalan Imam Bonjol sudah mulai dikerjakan tanggal 4 Maret, Jalan Pembangunan 3 malahan sudah mulai tanggal 27 Februari. Waktu itu, belum Penandatanganan Kontak,” ungkapnya.

Penelusuran radaronline.id atas tender proyek-proyek tersebut pada laman pengadaan barang/jasa Pemerintah Kota Tangerang menunjukkan bahwa sesuai jadwal tender, penandatanganan kontrak adalah pada rentang waktu 1 – 16 Maret 2021. Maka dari situ, bahwa dugaan sumber radaronline.id bahwa proyek Jalan Pembangunan 3 dilaksanakan tanpa kontrak, semakin kuat.

Dari pantauan di lapangan, hal yang sama kemungkinan juga terjadi pada proyek “Peningkatan Jalan Iskandar Muda Kec. Neglasari”. Sebab, tertanggal 12 Maret 2021, proyek tersebut telah menyelesaikan pekerjaan beton cor badan jalan sekitar 300 x 3,5 meter.

Kepala DPUPR Kota Tangerang Decky Priambodo, maupun Kepala Bidang Binamarga pada DPUPR Kota Tangerang, Shandy Sulaiman belum berhasil ditemui untuk dikonfirmasi mengenai hal itu.
“Ketemu pak kadis ? Gak bisa pak,” kata sekuriti setempat, Jumat (26/03).

“Pak Shandy sudah keluar sama supirnya. Tadi pagi ada sebentar. Tapi sudah keluar,” tambahnya.

JUARA SIMANJUNTAK

Share.

About Author

Leave A Reply