Kakanwil DKI Ibnu Chuldun Pimpin Rakor Tim Pora Jakarta Timur

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JAKARTA   –  Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta Ibnu Chuldun selaku Ketua Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) DKI Jakarta memimpin rapat koordinasi Timpora Wilayah Jakarta Timur, di Hotel Best Western Premier, Jakarta Timur, Selasa (23/3/2021).

Seluruh anggota Tim PORA lintas instansi hadir, yakni, Perwakilan Walikota Jakarta Timur, Perwakilan Polres Jakarta Timur, Perwakilan Kejaksaan Jakarta Timur, Perwakilan Kodam Distrik Militer 0505 Jakarta Timur, Perwakilan Bansar dan Politik, Perwakilan Kadin Jakarta Timur, Perwakilan Kadin Dukcapil Jaktim, Perwakilan Pol PP, Perwakilan Kecamatan Pulo Gadung.

Dalam rakor tersebut Kepala Kanwil DKI Jakarta Ibnu Chuldun mengatakan Tim Pora dibentuk sesuai dengan Pasal 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian. Dan Pasal 69 mengatakan untuk pembentukan pengawasan keimigrasian terhadap kegiatan orang asing di wilayah kerja maka Menteri membentuk Timpora di tingkat pusat maupun daerah.

“Dengan adanya rapat koordinasi Timpora hari ini diharapkan menghasilkan suatu terobosan dan menyamakan persepsi pada masa pandemik untuk tetap mengawasi aktifitas maupun usaha yang dilakukan oleh warga negara asing di wilayah kerja khususnya Jakarta Timur,” ujar Kakanwil DKI Jakarta Ibnu Chuldun.

Selanjutnya Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil DKI Jakarta Saffar M. Godam, bertindak sebagai narasumber bahwa tugas utama tim PORA adalah untuk mengamankan kepentingan nasional. Untuk itu dibutuhkan kolaborasi dan sinergitas semua unsur. Seluruh keberadaan dan aktivitas Orang Asing dapat memberikan nilai positif dan tidak bertentangan dengan kepentingan nasional.

“Kita berharap kerjasama yang baik ini terus terjalin di kemudian hari guna mengawasi orang asing di wilayah kerja Jakarta Timur serta dapat meminimalisir penyimpangan penyimpangan yang dilakukan oleh orang asing di Wilayah Administrasi Jakarta Timur,” ujar Kadiv dalam arahannya.

Sebelumnya dalam laporan pelaksanaannya Kepala Kantor Imigrasi (Ka. Kanim) Jakarta Timur, Yusuf Umardani menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini merupakan bentuk koordinasi dan sinergitas dengan pihak terkait dalam pelaksanaan pengawasan orang asing di wilayah kerja Kanim Kelas I TPI Jakarta Timur, sebagai pelaksanaan
Peraturan Pemerintah NO 31 tahun 2013 tentang peraturan pelaksanaan undang undang no 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Untuk pelaksanaan kegiatan Tim Pora
Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Jakarta Timur sebagai UPT dibawah koordinasi tanggung jawab Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta telah membentuk Timpora hingga tingkat Kecamatan.

Selain anggota tim PORA hadir pula sebagai peserta, para pejabat dan pegawai kanwil DKI Kemenkumham, Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Yongki, Ka. Subbid Intelijen Keimigrasian, Hamdan, dan Kasubbid Penindakan Keimigrasian, Ruddy.

THOMSON

Share.

About Author

Leave A Reply