Kodim 1709/YAWA Kirim Ratusan Pemuda Binaannya Ikuti Seleksi Prajurit TNI-AD

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, YAPEN – Setelah menjalani pembinaan selama 3 bulan di Kodim 1709/Yawa, sebanyak 139 orang pemuda terbaik Kab. Kep. Yapen dan Kab. Waropen diberangkatkan oleh Kodim 1709/Yawa menuju Korem 173/PVB di Biak, untuk mengikuti Seleksi Calon Tamtama PK TNI-AD Gel. I TA. 2021, Minggu (21/3/2021).

Perwira Seksi Personel Kodim 1709/Yawa, Kapten Inf Dili Aryadi, membenarkan bahwa, setelah dilakukan pemeriksaan kelengkapan administrasinya, seluruh pemuda yang berjumlah 106 orang Putra Asli Daerah Papua dan 33 orang Non Putra Daerah (Pendatang) ini, telah siap dan lengkap seluruh persyaratan administrasinya untuk mengikuti seleksi Calon Tamtama PK TNI-AD Gel. I di Korem 173/PVB.

Dalam apel pemberangkatan, kepada seluruh pemuda binaannya, Komandan Kodim 1709/Yawa, Letkol Inf Leon Pangaribuan, S.H berpesan, Hari ini kalian akan berangkat ke Korem 173/PVB di Biak untuk melaksanakan seluruh tahapan seleksi, mulai dari, Seleksi Administrasi, Kesehatan, Jasmani, Mental Ideologi, Psikologi dan yang terakhir Sidang Pantukhir.

“ Sebab itu, saya tidak mau kalian disana menjadi macan ompong, buktikan semua apa yang telah kau jalani disini dengan berlatih selama 3 bulan, kalian sudah merasakan keringatmudan merasakan capeknya berlatih, jangan sampai mentalmu jatuh, yakinkan dalam dirimu bahwa kalian yang terbaik, saat kalian mengikuti seleksi, jangan sombong, mentalmu harus kuat, jangan merasa rendah karena kalian orang papua”.

“Tapi inilah saatnya kalian buktikan bahwa kau mampu, semua sainganmu nanti disana tidak ada yang lebih besar darimu, anggap mereka semua semut, karena mereka tidak ada berlatih seperti yang telah kalian lakukan disini, berusaha semaksimal mungkin, alokasi kita hanya 51 orang, tapi tak menutup kemungkinan, kalian menampilkan yang terbaik dan rankingmu diatas rata-rata, kalian bisa lulus semuanya”, sambungnya.

“Semua kembali pada dirimu, tergantung pada perjuangan dan kerja kerasmu, mintalah Doa restu pada orang tuamu, hari ini secara resmi kalian diberangkatkan menuju biak, kalian harus maksimal berjuang disana dan jangan mudah menyerah, selalu jaga kesehatan, pelihara mentalmu dan jangan cengeng, bulatkan tekadmu bahwa saya tidak akan kembali sebelum saya menggunakan pakaian Loreng TNI”, tegas Dandim kepada seluruh pemuda.

Usai menerima pengarahan dari Komandan Kodim, salah satu pemuda, Raif Ronal Asea Koyari, mengatakan bahwa, “Hari ini, kami akan berangkat untuk mengikuti seleksi di biak, mohon Doa dan dukungan dari Bupati Kab. Kep. Yapen, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan seluruh lapisan masyarakat, agar kami dapat lolos dan lulus menjadi Prajurit TNI-AD, Doakan kami”, pungkasnya.

Seluruh pemuda kemudian selanjutnya diantar menggunakan kendaraan dinas truk Kodim 1709/Yawa menuju Pelabuhan Feri Kabuena untuk selanjutnya menaiki Kmp. Masirei menuju Kab. Biak.

RED

Share.

About Author

Leave A Reply