Kodim 0105/Abar Gelar RAT Primer Koperasi Kartika Ke-55

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, ACEH BARAT – Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera S.Sos M.A.P didampingi Kadis Perindag, Koperasi dan UKM Nurhayati membuka RAT (Rapat Anggota Tahunan) tutup buku Primer Koperasi Kartika yang ke – 55 tahun 2020. Kegiatan RAT diselenggarakan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang digelar di Aula Makodim Jalan lmam Bonjol Desa Drien Rampak Kecamatan Johan Pahlawan, Jum’at (19/3/2021)

Rapat Anggota Tahunan ini mengusung tema “Optimalkan SHU Demi Kesejahteraan Anggota” yang dihadiri oleh Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera S.Sos M.A.P selaku Pembina, Kadis Perindag, Koperasi dan UKM Nurhayati, Para Danramil – Danposramil, Perwira Staf dan Anggota Kodim serta lbu – lbu pengurus Persit.

Pada kesempatan itu, Kaprim Koperasi Kartika Peltu Ersan melaporkan pengesahan berita acara RAT dan pertanggung jawaban, pembacaan rugi laba dan Sisa Hasil Usaha.

“Koperasi ini adalah milik kita, dari kita dan untuk kita. Oleh karenanya, kami membuka ruang saran dan usulan masukan demi kebaikan. Kami juga mengajak kepada seluruh para anggota untuk belanja keperluan sehari – hari usahakan agar di Koperasi. Karena maju atau mundurnya Koperasi sangat tergantung dari anggota Koperasi itu sendiri. Semakin banyak anggota yang meminjam atau belanja di Koperasi, maka secara otomatis SHU juga akan semakin banyak dan manfaatnya untuk kesejahteraan anggota itu pula”, tutur Peltu Ersan

Sementara itu, Kadis Perindag Nurhayati sangat mengapresiasi RAT yang dilakukan oleh Primer Koperasi Kartika Aceh Barat yang tepat waktu. Ia juga memotivasi semoga kedepan Primer Koperasi semakin maju.

“RAT ini dapat jadikan wahana komunikasi timbal balik antara pengurus dan anggota Koperasi dalam upaya mewujudkan Koperasi yang memiliki manejemen modern, profesional dan produktif serta senantiasa memperhatikan kualitas pelayanan. Sehingga Koperasi dapat berkembang serta mampu memberikan kontribusi yang berarti kepada anggota maupun satuan. Namun yang terpenting adalah, jangan selalu mengedepankan jumlah SHU yang besar, akan tetapi berupaya bagaimana caranya agar semua anggota Koperasi menjadi lebih sejahtera”, pesan Nurhayati

Sedangkan Dandim 0105/Abar dalam sambutannya menyampaikan, bahwa RAT ini adalah sebagai forum evaluasi dan agenda wajib bagi setiap badan usaha Koperasi. Karena di dalamnya akan membahas tentang pertanggungjawaban Pengurus Koperasi selama satu tahun kepada anggota Koperasi, sehingga terwujud Koperasi yang sehat dan transparan.

“Dalam mekanisme perkoperasian, RAT merupakan forum tertinggi untuk memberikan laporan pertanggungjawaban Pengurus dihadapan anggota langsung. Sesuai sila Pancasila yang ke lima, maka keadilan dan kemakmuran anggota adalah memiliki kedudukan yang sama. Karena kekuatan Koperasi ada pada anggota Koperasi tersebut. Jadi, mari sama – sama kita besarkan Koperasi kita”, ajak Dandim.

Sebagai Pembina, Dandim juga berharap semoga keberadaan Koperasi Kartika Kodim Aceh Barat ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh anggota tidak hanya sesaat saja, akan tetapi bisa memberikan manfaat dalam jangka waktu yang lama dan berguna juga dalam mendukung satuan.

“Terakhir, mari kita gunakan momentum RAT ini untuk membahas dan memberikan masukan ide – ide yang intinya memajukan Koperasi dan memberikan manfaat kesejahteraan anggota”, pungkas Dandim.

Sebagai bentuk apresiasi kepada anggota, Primkop Kartika menyediakan puluhan doorprize bagi anggota yang beruntung.

RED/MNR

 

Share.

About Author

Leave A Reply