Babinsa Ajak Warga Sidorejo untuk Bangun Pos Siaga Covid-19 Skala Mikro

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, PENAJAM – Dalam rangka menindak lanjuti Instruksi Mendagri no. 5 th 2021,tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan untuk pengendalian penyebaran corona virus disease 2019,pembuatan Posko Siaga Covid PPKM skala Mikro,Babinsa Desa Sidorejo bersama elemen masyarakat berjibaku membangun pos Siaga Skala Mikro yang bertempat di Rt 02 Desa Sidorejo Kecamatan Penajam Kab PPU.Selasa (16/3/2021).

Serda Djatmiko mengatakan, pendirian posko siaga ini sangat vital dalam pencegahan virus corona di wilayah Kecamatan Penajam
“Secara teknis nanti perangkat desa yang akan mengoperasionalkan posko siaga ini dengan merekrut relawan, Babinsa bersama Bhabinkamtibmas tetap akan terus mengawal dan mendampingi,” kata Babinsa.

“Posko PPKM Mikro Covid-19 berbasis Desa ini sebagai pusat perencanaan, koordinasi, pengendalian, dan evaluasi kegiatan penanganan Covid-19 dalam skala mikro, dilaksanakan dengan pendekatan kesepakatan, komunitas, gotong royong, kompak, dan adaptif.” Tuturnya.

Ia menjelaskan, posko penanganan Covid-19 di tingkat desa memiliki empat aspek penting, yakni pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung.

Aspek pencegahan terdiri dari sosialisasi, penerapan 5M. Aspek penanganan mengimplementasikan 3T, yaitu testing, tracing, dan treatment hingga penanganan dampak ekonomi lewat bantuan langsung tunai (BLT) desa.

“Aspek pembinaan berupa upaya penegakan disiplin dan pemberian sanksi. Lalu, aspek pendukung yang terdiri pencatatan dan pelaporan, dukungan komunikasi, serta logistik,” jelasnya.

Sumber : Kodim 0913/PPU

Share.

About Author

Leave A Reply